hQimDs9Vv8MwYJ0SXAYARQrMvIosvgLCnmk1Hi5k

Cari Blog Ini

Tulisan Religi Rifka Rizkiana #2 : Generasi Aisyah Masa Kini


Generasi Aisyah Masa Kini

Tiap generasi memiliki kapasitas tempat, waktu, dan tantangannya sendiri-sendiri. Bagitulah kata pepatah. Dengan demikian, setiap generasi, tidak bisa disamakan begitu saja dengan generasi yang lain. Karena tantangan yang dihadapi berbeda, dan cara penyelesaiannya pun tentu juga berbeda-beda.

Pada masanya, Aisyah dulu ia menghadapi dari berbagai polemik generasinya yang memang tidak bisa dianggap remeh. Terlebih dalam memperjuangkan hak-hak dan martabat wanita, selepas meninggalnya Rasulullah saw., dan mulai terjadi perpecahan antara umat Islam satu dengan yang lainnya karena politik kekuasaan. Dengan kecerdasan yang dimiliki oleh Sayyidah Aisyah, beliau pun mampu mengatasi permasalahan itu semua.

Berbeda dengan konteks Sayyidah Aisyah zaman dahulu. Tantangan terbesar dari generasi saat ini, adalah dekadensi moral yang semakin hari semakin merosot. Sekalipun manusia semakin pintar, teknologi semakin maju, hak tersebut tidak turut membuat manusia semakin bijaksana. Tantangan ini memang cukup berbeda dengan zaman Aisyah waktu itu. Akan tetapi, nilai-nilai prinsip dan strategi Aisyah, sejatinya masih bisa diambil dan dipraktikan dalam penerapan strategi menangani hal itu semua, diantaranya :

1.Fasilitas yang ada di era saat ini, bisa menjadi penunjanganya. Misalnya terkait dengan hijab, yang senantiasa dulu sangat diperjuangkan oleh Aisyah untuk menegakkan hukum Allah swt., dan menjaga harkat dan martabat wanita. Dengan adanya ilmu fashion modern, hijab bisa dimodifikasi menjadi gaya hidup yang modern namun tetap syar'i sehingga para wanita modern semakin tertarik dengan berjilbab, karena akan menambah penampilan mereka semakin elegan dan menarik.

2.Generasi Aisyah zaman dahulu, menegakkan teks-teks hukum untuk menatap masyarakat yang tidak sesuai dengan jalan Islam. Generasi Aisyah modern, melenturkan teks tersebut ke konteks kekinian dengan tetap menegakkan nilai-nilai hukum yang diajarkan oleh Islam dalam Al-Qur'an.

Semoga, ulasan di atas bisa menginspirasi kita semua dan akan semakin memicu semua umat Islam pada umumnya, dan muslimah khususnya, untuk meneladani nilai-nilai kehidupan Sayyidah Aisyah dan bisa menjadi Generasi Aisyah Masa Kini yang sangat inspiratif dan penuh ketauladanan. Aamiin...., Semoga bermanfaat !

Salam Penulis,

Sumber, buku berjudul " Aisyah, Sang Teladan Kekasih Allah" karya Syahid Ahmad Al-Kasyaf.

Sumber Gambar : Nuniekkr.com
Related Posts
Rifkarizki12
Assalaamu'alaikum ... salam hangat dariku, Rifka Rizkiana. Pengagum senja, penikmat hujan, pecinta aksara, yang mencoba menuangkannya dalam sebuah ide cerita. Berharap apa yang aku tuliskan bisa bermanfaat dan menebar kebaikan. Masih belajar, jadi wajar kalau banyak salahnya. Selalu ingatkan aku ya, pembaca yang budiman ... Salam sastra. Wassalaamu'alaikum ....

Related Posts

Posting Komentar