Cara Menemukan Kebahagiaan di Tahun 2020 : Kebahagiaan Dunia dan Akhirat


Halo sobat Rifka Rizkiana yang selalu setia! Kali ini kita akan membahas seputar cara menemukan kebahagiaan di tahun 2020. Kebahagian sering dicari banyak orang, mulai dari mencari kebahagiaan sendiri, mencari kebahagiaan sejati, mencari kebahagiaan dunia dan akhirat, mencari kebahagiaan rumah tangga dan mencari kebahagiaan yang hakiki. Untuk mengetahui lebih lengkap cara menemukan kebahagiaan 2020, simak cara menemukan kebahagiaan dalam islam sebagai berikut.

Sebagian orang mengira kebahagiaan terletak pada harta dan kekayaan, sebagiannya lagi mengira terletak pada pangkat dan jabatan. Di sisi lain, ada sebagian di antara mereka yang mencari kebahagiaan dengan cara merealisasikan angan-angan yang terlarang.

Kebahagiaan tak akan diperoleh, kecuali hanya dengan bertakwa kepada Allah, menaati-Nya, menaati Rasul-Nya, serta menjauhi kemaksiatan dan perbuatan yang tercela.

Baca juga : [Panduan Lengkap] Tahapan Cara Cinta Kepada Allah yang Benar

Syaikhul Islam Ibu Taimiyah ra. berkata "Iman kepada Allah dan Rasul-Nya adalah muara dan pangkal kebahagiaan". Dengan demikian, kehidupan tanpa ketakwaan, meskipun dipenuhi dengan perhiasan dunia, tak akan menghadirkan kebahagiaan. Seorang penyair berkata:

Aku melihat kebahagiaan tak terletak pada tumpukan harta

Tapi takwa itulah kebahagiaan

Takwa kepada Allah merupakan bekal yang paling baik untuk disimpan

Di sisi Allah, orang yang tak bertakwa akan mendapat tambahan

Tak ada jalan menuju kebahagiaan, kecuali dengan menaati perintah Allah. Siapa saja yang memperbanyak amal saleh dan menjauhi dosa, ia akan hidup bahagia dan dekat dengan Rabb-Nya, Allah.

Ibnu Katsir berkata, "Kehidupan yang baik itu meliputi seluruh aspek kebahagiaan dari berbagai segi". (Tafsir Ibnu Katsir: II/908) .Dengan demikian, kebahagiaan akan tumbuh di saat seorang hamba telah meralisasikan tauhid kepada Rabb-Nya, menggantungkan hatinya hanya kepada penciptanya, dan menyerahkan segenap urusan kepada-Nya. Ibnul Qayyim berkata, "Tauhid bisa membukakan pintu kebaikan, kebahagiaan, kenikmatan, kesenangan, dan kegembiraan bagi seorang hamba" ( Zadul Ma'ad: IV?202)

Salam Penulis,

Sumber : Buku berjudul "Kunci-Kunci Surga"karya Dr. Abdul Muhsin Al-Qasim.

Sumber Gambar : Salamtoday.com