hQimDs9Vv8MwYJ0SXAYARQrMvIosvgLCnmk1Hi5k

Cari Blog Ini

Tips Penulis Pemula Membagi Waktu Menulis, Kuliah dan Organisasi


Hai sobat setia Rifka Rizkiana! Kali ini kita akan membahas seputar tips penulis pemula terbaru 2020. Tentang apa nih tipsnya kak Rifka? Tips kali ini tentang bagaimana cara penulis membagi waktu menulis, kuliah dan organisasi. Tips penulis pemula 2020 ini diambil dari materi Seminar Kepenulisan Online SJR Community dengan topik "Penulis atau Organisasi" yang disampaikan langsung oleh pemateri bernama Fatimah Nur Maulani atau yang lebih dikenal dengan nama pena ImuniQ.

Profil Fatimah Nur Maulani

Beliau memiliki nama lengkap Fatimah Nur Maulani. Biasa dipanggil Fatimah, Lani, Nur, dll. Pemilik nama pena ImuniQ ini lahir di Jepara, 09 November 2000.
    
Sosial Media Fatimah Nur Maulani

Instagram : Imuniq_jpr91
Wattpad : ImuniQ_J
GWP : ImuniQ
Uc News : ImuniQ
Wordpress : imuniqjblog.wordpress.com
Blog : goresanhatiremaja.blogspot.com

Pengalaman Organisasi Fatimah Nur Maulani

1. SMP

Matematika
Komputer

2. SMK

Rohis
Rebana
Pramuka

3. Kampus

Racana SUKURADA
Al-Izzah
OSIS SMK N 1 Kedung
Dewan Ambalan Manunggal Kusuma Negara-Manunggal Kusuma Pertiwi
IPPNU Ranting Pecangaan Kulon
(Untuk kampus belum ada niatan aktif di organisasi)

Prestasi Fatimah Nur Maulani

Juara 2 lomba giat menaksir sangga putri Survival 28 tahun 2018.
Juara 1 tertib administrasi Raimuna 9 tahun 2019.
100 penyair terbaik lomba cipta quotes tingkat nasional genta official tahun 2019.
Penyair terpilih lomba cipta puisi mandala penerbit tahun 2019.
Peringkat 12 penyair event puisi AWI tahun 2019.
6 besar event esai akuntansi syariah tahun 2019.

Antologi Fatimah Nur Maulani

Simfoni Sang Biru tahun 2019 (Penerbit Raditeens).
Senandika Debar Gusar tahun 2019 (mandala penerbit).
Lantunan Semesta tahun 2019 (Smarthapublisher).
Terbang dalam Den Assalam tahun 2019 (CV Oase Group).
Lilin yang Tak Pernah Padam tahun 2019 (Oase Group).
Aksara Menangis tahun 2019 (Guepedia).
Dll.

Penulis atau Organisasi
    
Penulis? Apa itu penulis? Penulis adalah orang yang membuat karya berupa tulisan baik cetak maupun non cetak. Media cetak bisa berupa buku, majalah, koran, dan lainnya. Sedangkan non cetak bisa berupa artikel atau cerita pendek yang di tulis dalam akun blog atau aplikasi lainnya. Menjadi penulis memanglah tidak mudah, karena harus paham bahasa dan tulisan. Yang sering disalahkan dalam kepenulisan adalah bahasa dan tanda baca, makanya kalau kamu ingin jadi penulis perbanyaklah membaca. Tidak harus ambil jurusan sastra atau lainnya. Cukup baca dan pahami tentang materi kepenulisan yang benar. Kemudian kita tulis apa yang kita inginkan dan pastikan sudah sesuai dengan pemahaman yang kita baca.

Lalu bagaimana dengan organisasi? Organisasi adalah sebuah tempat di mana beberapa orang berkumpul dan membuat program kerja yang akan dilaksanakan ke depannya. Dari program kerja tersebut akan tercipta beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi itu. Kegiatan yang akan menguntungkan bagi semua pihak tentunya. Dalam organisasi pasti ada kepengurusan dan penanggung jawabnya.

Hubungannya apa? Menurut aku pribadi, aku tidak bisa memilih salah satunya. Karena dari organisasi aku bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman hidup yang baru. Setiap agenda yang telah dilaksanakan selalu memiliki kenangan masing-masing. Aku tidak ingin kenanganku hanya tersimpan dalam memori ingatan saja. Maka dari itu aku tulis semua kenangan itu dalam sebuah karya. Tidak hanya kenanganku saja yang aku tulis, namun kenangan kisah teman juga aku tulis dalam karya tulis.

QnA sesi 1

1. Rifka Rizkiana

Jazakillahu khairan atas materinya, Kak. Pertanyaan saya, bagaimana kakak membagi waktu. Antara nulis, organisasi, & tugas kuliah. Syukron.
    
Jawab:
    
Mudah, setiap ada kegiatan organisasi maka fokuskan pemikiran kita pada organisasi jangan yang lain. Tugas kuliah? Kerjakan semampunya kalau bisa membuat deadline untuk diri sendiri. Nulis? Aku lebih suka nulis itu tidak terarah dan ada batasan waktu. Karena aku nulis buat berbagi kisah inspirasi bukan dikejar deadline.

2. Fii IE 

Kak, bagaimana jika keadilan tidak ada di suatu organisasi? 
    
Jawab:
    
Ingatkan dengan cara yang baik. Sekali tidak cukup lakukanlah lagi sampai tiga kali. Jika sudah tidak ada perubahan maka doakan saja. Jangan diajak untuk berdebat meskipun yang dilakukan itu benar. Karena aku pernah baca atau dengar ceramah kalau kita sebagai umat yang memliki keimanan yang kuat. Kita diajarkan untuk menghindari perdebatan. Karena perdebatan juga akan mengundang setan untuk menghasut pikiran kita agar terbawa emosi. Itu menurutku pribadi saja.
    
3. Fia Permatasari
    
Mana yang lebih prioritas antara menulis dan organisasi? 
    
Jawab:
    
Organisasi. Karena dari organisasi aku bisa kembali lagi dalam dunia menulis. Dari organisasi aku belajar banyak hal. Bahkan aku pernah dengar guruku atau teman guruku bilang "ilmu yang tidak akan kamu dapatkan itu adalah ilmu keorganisasianmu."
    
4. Diva
    
Cara agar tulisan kita diminati pembaca & menginspirasi mereka buat baca gimana kak?
    
Jawab:
    
Tuangkan rasamu dalam tulisanmu. Niatkan kalau kamu ingin menginspirasi mereka. Pikirkan hal positif dan tulislah semuanya.
    
5. Siti Sriwahyuni
    
Bismillah. Cara menjadi pemimpin yang adil? Dan menurut kakak mendingan adil apa keadilan dalam setiap organisasi. Makasih
    
Jawab:
    
Kalau kamu ingin menjadi pemimpin yang adil. Maka terapkanlah jiwa kepemimpinan dan keadilan pada diri kamu sendiri. Menurutku keadilan setiap organisasi, karena jika kita tidak adil sama organisasi kita. Tentunya akan memunculkan permasalahan baru dalam organisasi.
    
6. Rizka
    
Kakak bilang semua kenangan itu kakak tulis, pernah gak sih, ada temen yang menyadari kalo apa yang kakak tulis itu kenangan kakak dengan dia/mereka? Apa temen-temen kakak pernah menanyakan itu? Terus kakak jawabnya gimana kalo ditanyakan,. Nah kalo misal aku nih nulis kenangan-kenangan yang enggak enak sama temen, misal marahan, benci, ngambek, terus dia sadar tuh aku nulis kenangan tentang dia, menurut kakak nih, apa aku harus jujur kalo aku nulis tentang dia, makasih.
    
Jawab:
    
Justru mereka malah senang dan suka. Karena baginya itu bisa menginspirasi yang lain agar kejadian yang ada di mereka itu tidak terjadi pada yang lain.
    
7. Wini Wahdaniah 
    
Kak, gimana cara membangkitkan semangat kembali saat keadaan kita menjumpai titik jenuh dalam menulis,misalnya ketika kita udah capek-capek nulis, ehh tulisannya malah ilang/filenya kehapus
    
Jawab:
    
Mungkin artikel ini bisa membantu kamu. Ini sudah aku tulis dari jauh-jauh hari. 
    
    
By: ImuniQ
    
QnA sesi  2
    
1. Rauzatul Jannah
    
Afwan. Sebagai seorang penulis, bagaimana caranya membangun amunisi yang bagus dalam menulis? Terimakasih.
    
Jawab:
    
Dalam menulis kita perlu kenali apa yang akan kita tulis. Lalu, tulislah semua dan jangan terburu-buru biarkan mengalir. Nanti akan ada amunisi yang bagus dalam tulisan kita.
    
2. Cinantya Sitaresmi
    
Bagaimana menulis tidak hanya disukai pembaca. Tapi juga ada pelajaran di sana.
    
Jawab:
    
Sebelum menulis kita perlu tahu. Diri kita memiliki potensi dibidang apa? Karya fiksi atau non fiksi? Lalu carilah banyak referensi bacaan yang bagus dan memberikan pelajaran bagi dirimu sendiri. Setelah itu kamu tulis dan masukkan saja semua referensi itu dengan gaya bahasamu sendiri.
    
3. Intan Abellia.
    
Permisi, mau tanya. Bagaimana caranya agar bisa menulis dan berorganisasi dengan baik? Dan juga bagaimana cara agar kita bisa memotivasi orang lain dengan cerita yang kita buat? Terimakasih.
    
Jawab:
    
Caranya sudah terjawab dipertanyaannya kak Rifka tadi. Bagaiman bisa buat motivasi orang lain? Guruku pernah bilang kepadaku, "Ilmu dari segalanya ilmu adalah ilmu hikmah. Jika kamu tak bisa mengambil hikmah dan memahami ilmu hikmah. Percuma saja kamu hidup. Karena hidup di dunia itu tidak mudah."
    
4. Assalamu'alaikum kak, maaf telat gabung. Aku Lathifah Annur asal Medan, mau nanya nih kak. Menurut kakak gimana cara yang paling efektif buat orang-orang yang pendiam agar bisa maksimal dalam berorganisasi, tanpa harus menjadi orang lain atau tidak menjadi diri sendiri?
    
Jawab:
    
Rajin berkomunikasi sama anggota lain saja dan jangan berubah. Aku ada adik kelas yang orangnya pendiam. Kalau kamu ingin jadi pendiam selama organisasi. Lebih baik kamu pahamai dulu situasinya. Kelak kamu akan paham dengan sendirinya. Kamu tak perlu jadi orang lain.
    
5. Saya Nila Aulia'
    
Apa motivasi Kakak dalam menulis? Terima kasih.
    
Jawab:
    
Berbagi.Karena aku kalau mau berbagi uang masih belum cukup. Berbagi harta juga belum bisa. Jadi aku berbagi melalui tulisan. Aku selalu terapkan itu. Setidaknya aku bisa berbagi apa yang aku punya. Entah itu ilmu atau lainnya.
    
Penutup

Assalaamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ...

Segala Puji Bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah mengizinkan seminar online kepenulisan bersama Kak ImuniQ Ahad, 1 Januari 2020 berjalan dengan lancar tanpa hambatan satu apa pun. Salawat serta salam, mari kita haturkan kepada Nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman Jahiliyah menuju zaman Islamiyah dan membawa kita pada peradaban aksara.
    
Pesanku buat kalian yang mau aktif organisasi atau menulis. Konsisten itu sangat dibutuhkan. Namun, sebelum konsisten kita harus kenali dulu karakter diri kita sendiri. Potensi yang ada pada diri kita akan muncul ketika kita tahu dan mahami karakter diri kita sendiri. Sekian dan terima kasih banyak untuk kalian.🤗*
    
Kesanku? Kalian sukses buatku berpikir banyak kata agar tidak salah paham. Karena banyak yang tidak paham dengan perkataanku.
    
-ImuniQ-
    
Terimakasih kepada Kak ImuniQ yang sudah membagi ilmunya. Terimakasih juga kepada para admin grup, yang telah menyumbangsihkan ide-idenya, dan mendukung keberlangsungan acara ini. Terimakasih juga kepada seluruh member yang sangat antusias dengan seminar online perdana di GC SJR Community ini.
    
Saya, Rifka Rizkiana selaku founder sekaligus ketua penyelenggara seminar kepenulisan online bersama Kak ImuniQ memohon maaf sebesar-besarnya, dalam lubuk hati yang paling dalam atas kekurangan maupun kekhilafan saat membawakan acara.

Semoga ilmu yang kita terima, bisa kita amalkan, bagi, dan dapat dipertanggungjawabkan kelak. Aamiin Allahuma Aamiin ...
    
Wassalaamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ...
    
Sumber Gambar : Ayosugiryo.gurusiana.id
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar