hQimDs9Vv8MwYJ0SXAYARQrMvIosvgLCnmk1Hi5k

Cari Blog Ini

Penjelasan Dokter Soal Penyebab Gigi Sensitif Terbaru 2020


Hai guys, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab gigi sensitif update terbaru tahun 2020. Gigi sensitif adalah kondisi di mana gigi dan gusi terasa nyeri dan ngilu, setiap Anda melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, makan makanan yang terlalu manis, minum minuman yang terlalu dingin, bahkan saat Anda menyikatnya. Hal ini disebabkan karena lapisan dasar gigi (dentin) terbuka, akibat berkurangnya jaringan gusi.

Sudah banyak penjelasan dokter soal penyebab gigi sensitif. Gigi sensitif bagi sebagian orang cukup mengganggu aktivitas mereka. Tanpa mereka sadari, hal-hal sepele yang sering dilakukan sehari-hari berikut ini, menyebabkan gigi menjadi sensitif. Di antaranya.

1. Memakai Pasta Gigi yang Tidak Sesuai

Bagi Anda penderita gigi sensitif, sangat dianjurkan memakai pasta gigi yang khusus gigi sensitif, bukan pasta gigi biasa. Karena dalam pasta gigi khusus gigi sensitif, mengandung Novamin atau calcium sodium phosphosilicate, yang akan bereaksi langsung dengan melepaskan miliaran ion mineral di dalam mulut jika terkena air liur. Kandungan ini, tidak dapat Anda temukan dalam pasta gigi biasa. Sehingga sangat dianjukan bagi Anda penderita gigi sensitif.

2. Terlalu Bersemangat saat Menyikat Gigi

Tanpa Anda sadari, saat Anda terlalu bersemangat menyikat gigi, hal tersebut dapat meningkatkan sensitivitas gigi, padahal secara alami sensitivitas gigi akan dengan sendirinya meningkat seiring dengan penipisan lapisal email akibat pertambahan usia, seperti dikutip dari Periclean, Sabtu (7/9/2013).

Tanpa kita sadari, menyikat gigi terlalu bersemangat juga akan menyebabkan lapisan emal gigi akan semakin menipis dan akan memperburuk kondisi gigi di usia tua nanti. Hal ini akan menyebebabkan gigi menjadi semakin sensitif apabila terkena minuman yang terlalu panas ataupun terlalu dingin.

3. Menggunakan Obat Kumur

Tanpa kita sadari, penggunaan obat kumur juga menjadi satu penyebab gigi menjadi sensitif. Hal ini karena, tidak semua obat kumur yang dijual mengandung asam dengan pH stabil. Beberapa obat kumur yang dijual bebas mengandung alkohol, asam, dan bahan kimia lainnya yang dapat merusak dentin sehingga menyebabkan gigi menjadi sensitif.

4. Makan Makanan Terlalu Dingin atau Panas

Mengonsumi makanan terlalu dingin atau terlalu panas juga menjadi pemicu utama gigi sensitif. Hal demikian terjadi karena pengikisan enamel gigi, yang membuat gigi Anda ngilu atau nyeri. 

5. Mengonsumsi Makanan Asam 

Mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman asam dapat mengikis email gigi Anda dan membuat gigi Anda menjadi sensitif karena tidak adanya email yang melapisi dentin gigi. Jika Anda tidak dapat berhenti mengonsumsi berbagai makanan dan minuman asam tersebut, netralkanlah asam di mulut Anda dengan selembar keju atau segelas susu.

6. Resesi Gusi

Resesi gusi merupakan kondisi menurunnya gusi ke arah akar gigi sehingga mengakibatkan permukaan akar gigi menjadi terbuka. Selain menganggu keindahan gigi, kondisi ini juga bisa menyebabkan gigi menjadi senstif.

Dan tanpa kita sadari, penyebab resesi gusi ini sendiri adalah cara menyikat gigi terlalu kasar dan keras, serta penggunaan sikat gigi dengan bulu kasar. Selain itu, resesi gusi dapat disebabkan peradangan akibat kurangnya kebersihan rongga mulut, penumpukan plak atau karang gigi yang mengiritasi gusi.

7. Kebiasaan Menggertakan Gigi

Bagi sebagian orang, menggertakan gigi dijadikan sebagai kebiasaan untuk mengurangi gugup yang mencerminkan kecemasan. Kebiasaan ini disebut bruxim. Menurut drg. Robert Lessang, Sp Perio, kebiasaan menggertakan gigi bisa menyebabkan kerusakan gigi atau rahang. Sehingga, kebiasaan ini bisa menjadi penyebab gigi sensitif semakin parah karena dapat merusak enamel dan membuat dentin Anda terbuka.

Sumber Gambar : Hellosehat.com
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar