Contoh Penulisan Dialog Cerita Komedi by MAHFUD ALY

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu dan jangan lupa baca info contoh penulisan dialog cerita genre lainnya di rizkiana.com! Kali ini kita akan membahas seputar contoh penulisan dialog cerita komedi by MAHFUD ALY diambil dari Sharing Online Grup MJM_Publisher bersama Kak Mahfudh_. Siapa MAHFUD ALY? MAHFUD ALY adalah penulis sastra, guru dan pembina penelitian ilmiah di beberapa sekolah dan lembaga. MAHFUD ALY bertugas sebagai fasilitator jurnalistik dan menulis. MAHFUD ALY editor jurnal ilmiah NAMIRA Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik (2009-2015). MAHFUD ALY editor lebih dari 100 judul buku ber-ISBN.

Baca Juga : 12 Jenis Sub Genre Cerita Misteri

PROFIL MAHFUD ALY

MAHFUD ALY tinggal di Lamongan. Tepatnya Dusun Tinaro Desa Dukuhagung Tikung. Kesejarahan menulis MAHFUD ALY masih cetek. MAHFUD ALY juara nasional Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS) Kemdikbud, dengan karya MAHFUD ALY, “Perempuan dari pelbagai sudut pandang,” atas novel Olenka Budi Darma di Prioritas Bogor tahun 2008. Judul Esai MAHFUD ALY berjudul “Harus Bisa: Optimisme sebuah positifisme,” meraih juara dan MAHFUD ALY diundang Presiden Susilo Bambang Yudoyono ke Istana Negara tahun 2009. Tulisan MAHFUD ALY masuk antologi bersama ‘Facebook,” diterbitkan Leutika Prio (2009). MAHFUD ALY juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Media tahun 2009.

Dalam satu kesempatan, MAHFUD ALY diundang menjadi narasumber utama dalam Simposium Pusjakdiknov Balitbang Kemendikbud di Millenium, Jakarta tahun 2009. Tanpa diduga riset MAHFUD ALY menjadi juara Nasional Lomba Inovasi dan Media Membelajaran SMP Mapel Bahasa Inggris (INOBEL) di Jayaraya, Bogor tahun 2009. Sehingga, MAHFUD ALY diundang khusus dalam dialog Masa depan Pendidikan Indonesia, oleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Muhammad Nuh, DEA, di kantor Kemendiknas Jalan Sudirman Jakarta Desember tahun 2009. Riset menjadi dunia MAHFUD ALY. Penelitian MAHFUD ALY tentang pendidikan membawanya menjadi narasumber utama dalam Simposium Pusjakdiknov Balitbang Kemendiknas di Bidakara, Jakarta Tahun 2010. Lalu Denpasar (2011). MAHFUD ALY senang mendengar dan belajar.

Selain mengajar, MAHFUD ALY adalah pembimbing karya ilmiah di beberapa sekolah SD, SMP, dan SMA. MAHFUD ALY berhasil meloloskan banyak tim ke kompetisi elit kabupaten, provinsi, maupun nasional. MAHFUD ALY pembimbing LPIR SMP, LPIR SMA, OPSI SMA, dan beberapa kompetisi yang diadakan oleh kabupaten dan universitas se-Indonesia. MAHFUD ALY bagian dari tim majalah sekolah, robotic, juga simematografi. Saat ini MAHFUD ALY guru di SMA 1 Terbaik Simanjaya YPP Al-fattah (Pesantren) sekaligus tim inti program unggulan masa pandemi. Saya Siswa, Saya Pengusaha. Program best practice melatih siswa mencari duit halal sebanyak-banyaknya semenjak dini.

Di sela kesibukan, MAHFUD ALY belajar menulis cerpen. Salah satu judul cerpen MAHFUD ALY adalah “Taman Surga,” Juara pertama Lomba Menulis Cerita Pendek (LMCP) tingkat nasional, Kemendiknas tahun 2010. Hal itu pula, MAHFUD ALY dianugerahi Guru Berdedikasi Award, oleh Pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2011. Tulisan puisi MAHFUD ALY, cerpen MAHFUD ALY, kolom ada di beberapa media lokal, memenangi kejuaraan menulis. MAHFUD ALY menulis untuk bersenang-senang. Ia MAHFUD ALY sibuk bertani dan selalu gagal. Tapi ia tak menyerah.  Ia menghabiskan banyak waktu untuk menulis buku. MAHFUD ALY adalah former editor di Pustaka MediaGuru. Penerbit berskala nasional dengan program Sagusabu, Sasisabu, Samasabu, dan Sasisabu. Intinya sebulan menulis buku. Judu Buku MAHFUD ALY terbarunya adalah “Meneliti itu Seksi,” dan buku antologi MAHFUD ALY lainnya. Demi novel “Dendam Kimia,” MAHFUD ALY pilih jalur absurd mengambil beasiswa penuh S1 Pendidikan Kimia. Terkadang MAHFUD ALY melawak di panggung sebagai komika, stand up comedian.

Kini, MAHFUD ALY mengedit buku, bertani, guru, pegiat organiasi, pegiat komunitas sastra, MAHFUD ALY menjadi ayah dan suami sekaligus banyak kegiatan sosial. Salah satunya adalah MAHFUD ALY melakukan banyak pencitraan dengan bicara di banyak seminar offline, webinar, zoom meeting, google meeting dalam banyak bidang utama MAHFUD ALY: penelitian, wirausaha, komedi, literasi dan menjadi manusia yang berorientasi selamat dunia akhirat. Para pakar menyebutnya parenting. MAHFUD ALY adalah founder/Owner grup Facebook Belajar Menulis Komedi. MAHFUD ALY owner WAG Grup Sedekah Diski BMK yang fokus menjembatani antara pemberi sedekah dan penerima sedekah apa saja sebagai usaha sadar untuk menjadi manusia lebih baik, berkolaborasi dengan banyak tim ahli, serta semangat berlomba-lomba sedekah kebaikan. Silahkan gabung dengan mencari tahu kepada siapapun yang terkait dan telah bergabung dengan rumah tersebut. Kini MAHFUD ALY mulai fokus ke pelatihan, antologi dan menyusul memfasilitasi buku solo member. MAHFUD ALY Segera beralih ke digital literasi. Mohon doanya.

Silahkan menghubungi MAHFUD ALY di alamat email bidaralamongan@gmail.com, Facebook; Mahfud Aly, Instagram: MahfudAly_id atau kontak WA 085707699769. MAHFUD ALY suka menantang guru-guru untuk menulis buku entah solo, duo, atau antologi.

DONASI DAN TULIS PERMINTAANMU UNTUK RIZKIANA.COM DI SAWERIA.CO/KPOPSQUAD

CONTOH DIALOG CERITA KOMEDI

Contoh Dialog Cerita Komedi 1

Sumber : Dendam Kimia

Pengarang : Mahfud Aly

Di kelas, saya dan Nara terlibat dalam permainan tebak-tebakan tingkat tinggi. 

‘Al, senyawa apa yang dikutuk?” tanya Nara senyum jahil.

Saya menggeleng.

“Asam laknak.”

Saya tertawa ngakak.

“Giliranku. Unsur apa yang namanya pakai bahasa Sunda?”

“Apa? Gak tahu.”

“Neon, Kuneon Teh,” jawab saya.

Giliran Nara yang membantah. “Kunaon itu? Curang kamu.”

Saya tersenyum. ‘Trus, asam laknak tak curang?”

Jujur, cara tebak-tebakan gila seperti khasiatnya seribu kali daripada penjelasan Mr. rahmat di kelas. Otak saya tetiba nyambung dengan kimia. Otak saya juga sanggup mengingatnya lebih lama.

“Al, unsur kimia apa yang pakai bahasa Jawa?”

Saya menggeleng.

“Mangan. Mangan sego.”

Contoh Dialog Cerita Komedi 2

Sumber : Dendam Kimia

Pengarang : Mahfud Aly

Saat saya terpuruk, terjungkal, dan termehek-mehek di pelajaran Kimia, pelarian saya adalah pelajaran agama Islam. Saya sangat percaya dengan ucapan Pak Ustaz. Pertanyaan Kimia tidak masuk dalam daftar pertanyaan malaikat Mungkar Nakir di alam kubur. Saya sungguh bersyukur.

Contoh Dialog Cerita Komedi 3

Sumber : Dendam Kimia

Pengarang : Mahfud Aly

Saya adalah satu dari jutaan siswa jurusan IPA yang tidak pintar apapun, selain Biologi. Sementara Kimia adalah musuh nomor satu. Sebagai siswa yang luar biasa bebal, saya sadar: tebal telinga lebih penting daripada tipis bibir. Saya siap diejek, di-bully, bahkan dihina. Meskipun kemampuan sabar ini saya latih tiap detik, ada kalanya jebol juga: hati memang tidak bisa dibohongi, kalau digombali: boleh. Kabar baiknya hati itu buatan Yang Kuasa, coba Made in China, turun mesin pasti. Dari sekian banyak hinaan, ada satu narasi hinaan Mr. Rahmet yang paling nyelekit.

"Aly, coba istikharah lagi. Kamu itu cocoknya di IPS, bukan di sini."

Hati ini muntap. Bibir getar-getar. Mata sayu. Tangan saya gerak-gerak tak terkendali. (Ah, deskripsi saya parah sekali. Ini marah atau penyakit ayan? Ah sudahlah!).

Saya menjalani hidup dengan sederhana. Tak perlu dipuisikan:  dengan kata yang tak sempat diucapkan hantu pada mangsa yang menjadikannya lari ketakutan. Faktanya, saya mau di kelas ini. Saya tidak pernah membayangkan berada di kelas lain. Entah kelas bahasa atau IPS. Hina saya saja. Jangan pernah hina mereka. Mereka juga berhak memilih. Kesuksesan hidup tidak hanya milik anak IPA. Ayolah!

"Ayolah Ali. Wajah kamu itu IPS banget," lanjutnya dengan ekpresi jijik.

Satu kelas tertawa semua. Saya kecut.

Itulah pembahasan lengkap seputar contoh penulisan dialog cerita komedi by MAHFUD ALY. Jika ada tambahan informasi mengenai contoh penulisan dialog cerita komedi atau ada permintaan pembahasan contoh penulisan dialog cerita genre lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk pasang iklan, promosi buku, content placement dan lainnya langsung kontak email diatas.

Tertarik pasang iklan di rizkiana.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com