12 Jenis Sub Genre Cerita Misteri

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rizkiana.com semoga sehat selalu ya! Kali ini saya akan share 12 jenis sub genre cerita misteri. Informasi ini saya dapat dari seorang penulis terkenal yaitu Meiga Lettucia. Meiga Lettucia adalah penulis perempuan asal Malang yang lahir 26 tahun silam. Penulis 4 novel yang juga berprofesi sebagai editor, layouter, dan desainer. Berkecimpung di dunia literasi sejak 2013. Berminat jalin silaturahmi atau membaca jejak tulisannya? Bisa melalui Facebook Meiga Lettucia, Instagram @meilettucia. Judul novel Meiga Lettucia yang sudah terbit yaitu Everlasting Brother, Pena Darah, Candy Floss Love, Sang Penggoda. Judul novel Meiga Lettucia di Cabaca adalah Blood Wedding.

Baca Juga : 100 Judul Novel Wattpad Spiritual Terbaik

Apa, sih, yang ada di benak kita kalau mendengar kata misteri? Menegangkankah? Seramkah? Penuh darahkah? Atau malah bayangin hantu-hantu?

Genre misteri sendiri memiliki beberapa subgenre atau jenis. Apa saja itu?

1. Sub Genre Cerita Misteri yang Pertama adalah Caper


Pengertian caper adalah : Misteri caper (caper story) berarti misteri yang lucu. Alurnya memang dibuat jenaka yang bertujuan membuat pembaca rileks dan tertawa, meskipun yang dibaca adalah cerita misteri. Misalnya, tokoh detektif yang bingung dan kikuk dalam mendalami kasus, bisa juga dengan saksi mata yang aneh, pokoknya dalam subgenre ini, cerita dilakonkan oleh tokoh-tokoh yang terkesan lucu.

Contoh novel Indonesia yang bergenre misteri caper adalah 24 Jam bersama Gaspar karya Sabda Armandio.

2. Sub Genre Cerita Misteri yang Kedua adalah Cozy


Pengertian cozy adalah : Pada subgenre cozy, cerita misteri masih dalam level ringan. Misalnya menceritakan tentang kriminal yang melibatkan adanya darah, tetapi tidak digambarkan terlalu mengerikan, setting tempat pun digambarkan begitu sederhana, atau menceritakan tokoh (misalnya detektif) yang amatir. Memang terasa hampir sama dengan caper. Namun, bedanya dalam cozy tidak ditonjolkan sisi jenakanya.

Contoh cerita dengan subgenre cozy adalah karya Charlotte MacLeod tentang detektif amatirnya Sarah Kelling, juga beberapa novel karya Agatha Christie.

3. Sub Genre Cerita Misteri yang Ketiga adalah Domestic


Pengertian domestic adalah : Nah, kalau subgenre domestic ini, pengertiannya sungguh di luar dugaan. Awalnya saya berpikir bahwa subgenre ini isinya mirip-mirip dengan urban legend. Namun, ternyata cerita bersubgenre ini merupakan cerita misteri yang melibatkan hewan. Paling umum kucing atau anjing. Hewan tersebut berperan membantu pemiliknya dalam memecahkan kasus, apa pun itu dalam cerita.

Menurut saya, Garfield termasuk dalam subgenre domestic, ketika berupaya mencari anjing tuannya yang hilang. Namun, terus terang, saya sendiri masih asing dengan subgenre ini.

4. Sub Genre Cerita Misteri yang Keempat adalah Hardboiled


Pengertian hardboiled adalah : Menurut pendapat beberapa penulis misteri, hardboiled adalah kebalikan dari cozy. Pada subgenre ini, penggambaran setiap adegan, misalnya kekerasan, dituliskan dengan detail dan mengerikan. Jika pada novel misteri umumnya terpusat pada tokoh (misalnya detektif), pada subgenre ini, penulis lebih fokus pada korban kejahatan dan pelaku kriminal lainnya.   

Salah satu contoh novel hardboiled yang masuk di Indonesia adalah novel seri Mike Hammer karya Mickey Spilaney.

Baca Juga : Tips Menulis Rifka Rizkiana #1 : Cara Membangkitkan Feel Cerita Religi

5. Sub Genre Cerita Misteri yang Kelima adalah Investigator

Pengertian investigator adalah : Menurut beberapa sumber, jenis misteri ini melibatkan detektif amatir sebagai penyelidik swasta. Bisa juga tetangga yang usil, atau seseorang sejenis yang memiliki rasa ingin tahu dalam mengungkap suatu tindak kejahatan.

6. Sub Genre Cerita Misteri yang Keenam adalah Noir

Pengertian noir adalah : Noir dalam bahasa Prancis berarti hitam. Pada subgenre ini, cenderung menonjolkan karakter tokoh yang gelap. Menurut beberapa sumber, subgenre ini naik daun setelah hadirnya buku Gone Girl karya Gillian Flyn pada tahun 2012. Tokoh protagonis digambarkan begitu tragis. Subgenre ini dibuat demi kepentingan sosial. Maka dari itu, tema yang diusung kebanyakan tentang ras, status sosial, jenis kelamin, dsb.

7. Sub Genre Cerita Misteri yang Ketujuh adalah Procedural

Pengertian procedural adalah : Menurut beberapa sumber dan penelitian cerita isteri prosedural banyak menggambarkan tentang proses selesainya suatu kasus atau kejahatan dengan melibatkan suatu prosedur yang ada di dunia nyata, misalnya prosedur kepolisian dan ilmu kedokteran. Misalnya, suatu kasus dalam cerita terungkap melalui laporan forensik, otopsi, dsb.

8. Sub Genre Cerita Misteri yang Kedelapan adalah Softboiled

Pengertian softboiled adalah : Cerita dengan subgenre softboiled, hampir sama dengan hardboiled. Bedanya, dalam genre ini, penggambaran detailnya lebih ringan.

9. Sub Genre Cerita Misteri yang Kesembilan adalah Supranatural/Paranormal

Pengertian supranatural/paranormal adalah : Sebuah cerita misteri yang melibatkan hantu, makhluk mitologi, atau hal-hal yang di luar logika manusia. Tujuannya jelas, menciptakan ketegangan dan ketakutan pembaca. Penyelesaian dalam subgenre ini pun terkadang di luar nalar.

Baca Juga : Tips Menulis Rifka Rizkiana #2 : Cara Membuat Reader Jatuh Cinta Pada Ceritamu

10. Sub Genre Cerita Misteri yang Kesepuluh adalah Suspense

Pengertian suspense adalah : Dalam subgenre ini, penggambaran ketegangan pada cerita tinggi, tetapi berjalan dengan alur yang lambat. Masalah pada cerita ini terletak pada tokoh utama dan biasanya ditangani sendiri oleh tokoh.

11. Sub Genre Cerita Misteri yang Kesebelas adalah Thriller

Pengertian thriller adalah : Hampir mirip dengan suspense. Bedanya, adegan dalam thriller digambarkan lebih cepat, dengan tindakan yang sedang berlangsung. Jika pada genre lain cenderung fokus dengan tokoh, genre thriller ini cenderung menciptakan ketegangan dengan permainan waktu.

12. Sub Genre Cerita Misteri yang Keduabelas adalah True Crime

Pengertian true crime adalah : Kisah kriminal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata dan bisa kita temui sehari-hari di berita. Bisa dibilang, ini adalah nonfiksi-nya misteri.

Apakah kamu sedang tertarik dengan genre misteri? Jika iya, sub genre manakah yang ingin kamu dalami lebih lanjut lagi untuk membuat sebauh karya?

By: Meiga Lettucia

Pasang Iklan di Website Rizkiana.com Hubungi : Kpopsquadmedia@gmail.com