Apa Itu Premis Novel? Ini Cara Membuat dan Contoh

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL



Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai tips menulis dan info novel di Rizkiana.com! Kali ini Rifka Rizkiana akan membahas seputar premis novel. Apa itu premis novel? Berdasarkan KBBI, premis novel adalah ide dasar novel dalam satu kalimat yang lugas dan jelas. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak jenis premis novel, bentuk premis novel, bagian premis novel, cara membuat premis novel, contoh premis novel dan tujuan premis novel dibawah ini.

TUJUAN PREMIS NOVEL

1. Tujuan premis novel yang pertama, membuat kisah novel fokus. Premis novel ditujukan agar cerita tidak seperti sinetron yang sampai berseason-season, tapi tidak ketangkap inti ceritanya, kalau tamat ya tamat. Bonus chapter dan epilog boleh ada selama tidak mengubah premis.

2. Tujuan premis novel yang kedua, sebagai pegangan saat menulis. Premis menjadi pegangan sakti agar tidak melenceng kemana-mana. Umumnya, penulis wattpad kehilangan fokus saat tiba-tiba tokoh kedua lebih populer.

3. Tujuan premis novel yang ketiga, umumnya merupakan syarat jika ingin mengajukan naskah ke penerbit major.

JENIS DAN BENTUK PREMIS NOVEL

1. Mayor premis adalah jenis dan bentuk mayor yang berisi term yang menjadi predikat kesimpulan

2. Minor premis adalah jenis dan bentuk premis yang berisi term yang akan menjadi subjek sebuah kesimpulan.

3. Silogisme dua premis (mayor dan minor) adalah jenis dan bentuk premis yang mewujudkan anteseden.

BAGIAN PREMIS NOVEL

Premis memiliki tiga bagian, yaitu:

1. Bagian premis novel yang pertama adalah tokoh utama.

2. Bagian premis novel yang kedua adalah onflik dalam cerita.

3. Bagian premis novel yang ketiga adalah penyelesaian atau solusi.

CARA MEMBUAT PREMIS NOVEL

1. Cara membuat premis novel yang pertama, tentukan tokoh utama, baik itu laki laki tua, remaja dan lain-lain.

2. Cara membuat premis novel yang kedua, tentukan konflik utama. Dalam novel, hanya ada satu konflik utama dan didukung konflik-konflik pendukung.

3. Cara membuat premis novel yang ketiga, tentukan ending. Ending novel bermacam-macam, bisa happy ending atau bad ending. Berjuanglah membuat cerita dengan ending yang akan dikenang.

4. Cara membuat premis novel yang keempat, gabungkan tiga poin diatas menjadi satu kalimat yang enak dibaca.

CONTOH PREMIS NOVEL DAN CONTOH PENERAPAN PREMIS NOVEL

Rifka Rizkiana tentang seorang pejuang wantia yang akhirnya menyelamatkan para wanita dari human trafficking meski harus mengorbankan nyawa.

Setelah membaca informasi tentang premis novel di atas, siapkah kamu menulis premis novel? Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi tips menulis novel lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com