Macam Macam Dialog Tag untuk Menulis Cerita

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu sastra dan tips menulis di rizkiana.com! Kali ini rizkiana.com akan membahas macam macam dialog tag untuk menulis cerita. Apa itu dialog tag? Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog. Fungsi dialog tag untuk menginformasikan si pengucap kepada pembaca. Cara menggunakan dialog tag atau penggunaan dialog tag yang benar bisa kamu gunakan untuk menulis cerita supaya beragam tidak terkesan membosankan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak jenis dialog tag untuk menulis cerita dibawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Dialog Tag dalam Novel: Pengertian, Macam-Macam, Contoh dan Cara Menulis

Dapatkan Informasi Kepenulisan, Ilmu Sastra dan Tips Menulis di HP mu dengan Follow dan Klik Bintang DISINI

MACAM MACAM DIALOG TAG


1. Jenis dialog tag yang pertama adalah dialog tag netral. Contoh dialog tag netral seperti ujar, salam, celetuk, ucap, desak, kata, pamit, harap, pesan, cetus, tutur, papar, ungkap, tandas, tanya, tegur, sapa, ajak, panggil, pungkas, tegas, ajak, pinta, tunjuk, beber, seloroh, cakap, lontar dan akunya.

2. Jenis dialog tag yang kedua adalah dialog tag netral sebagai respon. Contoh dialog tag netral sebagai respon seperti sahut, lanjut, jawab, tawar, tolak, sambut, sanggah, imbuh, terang, balas, tangkas, tambah, sambung, jelas, sela, sosor, tukas, potong, kilah, usul, putus, protes, urai, saran, berondong, timpal, kekeh, kelit dan deham.

3. Jenis dialog tag yang ketiga adalah dialog tag ada emosi. Contoh dialog tag ada emosi seperti sindir, hina, gerutu, sungut, rengek, tekad, resah, cemooh, ejek, kelakar, canda, cela, ledek, gerundel, puji, keluh, adu, perintah, cibir, tuntut, decit dan cicit.

4. Jenis dialog tag yang keempat adalah dialog tag bernada rendah. Contoh dialog tag bernada rendah seperti bisik, gumam, decak, desah, rintih, desis, sesal, ulang, lirih, racau, batin, ringis, hembus, goda dan rajuk.

5. Jenis dialog tag yang kelima adalah dialog tag bernada tinggi. Contoh dialog tag bernada tinggi seperti jerit, geram, usir, bentak, berang, hardik, teriak, tuduh, tampik, tantang, pekik, tekan, sembur, seru, erang, serang, cecar, raung, sergah, murka, dengus, ketus dan marah.

Itulah macam macam dialog tag untuk menulis cerita. Setelah membaca informasi tentang macam macam dialog tag di atas, apakah kamu sudah paham apa itu dialog tag? Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi tips menulis cerita lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com

Sumber :

Rin Muna. 8:31:00 AM. MACAM-MACAM DIALOG TAG. Rinmuna.com : https://bit.ly/3xS6R4f