Mengubah atau Merubah, Mana yang Benar? Ini Jawabannya!

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu kepenulisan dan tips-tips sastra di Rizkiana.com! Kali ini Rizkiana.com akan memberikan jawaban mana yang benar mengubah atau merubah berdasarkan KBBI atau PUEBI. Simak dibawah ini.

Baca Juga : Seringkali atau Sering Kali, Mana yang Benar? Ini Jawabannya!

Dapatkan Informasi Kepenulisan, Ilmu Sastra dan Tips Menulis di HP mu dengan Follow dan Klik Bintang DISINI

JAWABAN MENGUBAH ATAU MERUBAH?

Jawaban yang Benar : Mengubah

Jawaban yang Salah : Merubah

PENJELASAN ARTI MENGUBAH DALAM KBBI

Dalam KBBI, kata mengubah berasal dari kata dasar ubah. Proses pembentukan kata mengubah dari kata ubah adalah afiks (imbuhan) meng- + ubah. Kata ini dapat bermakna (1) menjadikan lain dari semula, misalnya ia ingin mengubah kebiasaannya; (2) menukar bentuk, misalnya ia mengubah hidungnya melalui operasi plastik; dan (3) mengatur kembali, misalnya mengubah susunan kalimat.

BELI BUKU DAN ALAT TULIS DISINI

PENJELASAN ARTI MERUBAH

Asal kata merubah (kata dasar merubah) adalah rubah, bukan ubah. Kata merubah ini terbentuk dari afiks (imbuhan) me- + rubah. Menurut portal bahasa tanjabahasa.com yang dirintis oleh Ivan Lanin, arti kata merubah dapat bermakna ‘menyerupai rubah—karnivora sejenis anjing, bermoncong panjang, dan bernama ilmiah Canis vulpes‘. Jika makna itu yang diinginkan, maka silakan gunakan kata merubah.

Kesimpulannya, jawaban yang benar antara mengubah atau merubah adalah MENGUBAH yang terdapat dalam KBBI. Setelah mengetahui jawabannya, diharapkan sobat Rifka Rizkiana tidak salah lagi dalam menulis kata mengubah atau merubah. Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi tips menulis novel lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com