Asonansi Adalah: Pengertian dan Contoh Asonansi

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu kepenulisan dan tips-tips sastra di Rizkiana.com! Kali ini Rizkiana.com akan membahas seputar apa itu asonansi dalam puisi, pengertian asonansi dan contoh asonansi. Apa itu asonansi? Asonansi adalah pengulangan suara pada puisi. Untuk lebih lengkapnya, simak pengertian asonansi dan contohnya dibawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Dialog Tag dalam Novel: Pengertian, Macam-Macam, Contoh dan Cara Menulis

PENGERTIAN ASONANSI ADALAH

Pengertian asonansi adalah pengulangan suara atau bunyi vokal yang sama pada kata dalam baris-baris puisi atau dapat juga diartikan perulangan bunyi vokal pada deretan kata dalam baris-baris puisi. yang dimaksud dengan huruf vokal adalah A,I,U,E.O. Adanya pengulangan bunyi vokal pada suatu puisi dapat menimbulkan kesan indah dan merdu.

CONTOH ASONANSI ADALAH

Salah satu contoh asonansi adalah puisi Akulah si telaga karya Sapardi Djoko Damono. Puisi Sapardi Djoko Damono ini bunyi huruf vokal lebih sering terdengar dan mendominasi, huruf vokal tersebut adalah "A" sehingga dinamakan asonansi. Berikut puisi Akulah si telaga karya Sapardi Djoko Damono.

Baca Juga : Penggunaan Huruf Kapital dalam Novel: Pengertian dan Contoh-Contohnya

Dapatkan Informasi Kepenulisan, Ilmu Sastra dan Tips Menulis di HP mu dengan Follow dan Klik Bintang DISINI

"Akulah si telaga"

Akulah si telaga

berlayarlah di atasnya

berlayarlah menyibakkan riak-riak kecil

yang menggerakkan bunga-bunga padma

berlayarlah sambil memandang harumnya cahaya

sesampai disebrang sana, tinggalkan begitu saja

perahumu biar aku yang menjaganya.

(karya:Sapardi Djoko Damono)

BELI BUKU KUMPULAN PUISI TERE LIYE DISINI

Kesimpulannya, asonansi adalah pengulangan suara atau bunyi yang bisa digunakan dalam puisi. Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi tips menulis puisi lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com