hQimDs9Vv8MwYJ0SXAYARQrMvIosvgLCnmk1Hi5k

Cari Blog Ini

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Salah Nulis untuk Penulis Pemula


Hay teman teman Rifka Rizkiana yang baik hati dan tidak sombong. Kali ini kita akan membahas seputar beberapa kesalahan penulis pemula dan cara mengatasi salah nulis untuk penulis pemula. Materi artikel ini diambil dari Seminar Kepenulisan Online SJR Community dengan tema Kesalahan Penulis Pemula oleh penulis Uswatun Khasanah. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak cara mengatasi salah nulis untuk penulis pemula dibawah ini.

Profil Uswatun Hasanah

Beliau memiliki nama panjang Uswatun Hasanah. Mahasiswi IAIN Pontianak Prodi Komunikasi dan penyiaran islam semester 3. Uswatun Hasanah adalah penulis novel Amora cetak ke 1, 29 feb 2019 dan cetak ke 2, 15 jun 2019. Gak hanya itu, Uswatun Hasanah menjadi coach wisata literasi guru tahun 2019.

Daftar Kesalahan Fatal Penulis Pemula

1. Menulis Tanpa Pesan

Yang paling utama itu dalam menulis adalah pesannya bukan alur sama tokohnya siapa, kalau pesan sudah jelas maka alur dan penokohan juga akan mengalir. Dan Insyaallah penulisan akan lancar sampai selesai.

2. Fashion Menulis Kita

Yang kedua kita perlu sekali untuk memikirkan fashion kita karena itu bumbu dalam tulisan kita misalnya kita suka nulis Romance bacanya juga tentang Romance. Kalau kita suka buat religi maka bacanya religi. Maksudnya di sini kalau kamu suka nulis sesuatu bacaannya harus sama seperti sesuatu itu itu jangan bacaanya bertolak belakang. Karena itu akan menambah kosakata buat kita.

3. Jadilah Diri Sendiri

Jadilah diri sendiri. Nah di sini Kenapa dikatakan jadilah diri sendiri karena kalau kita ingin menulis sesuatu dan mengikuti gaya tulis atau gaya berpikir orang lain percaya atau tidaknya tulisan yang akan kita tulis itu tidak akan pernah selesai.

4. Penggunaan Bahasa

Dalam penggunaan bahasa ini sebaiknya kita gunakan bahasa kita sendiri jangan terlalu berbelit-belit dan boros kata atau mengulang-ulang kata.

5. Perhatikan Lead

Lead juga penentu kesuksesan buku kita.

QnA Sesi Pertama

1. ImuniQ

Hal apa yang harus dilakukan oleh penulis pemula agar terhindar dari kesalahan penulisan?

Jawab:

Kita tulis aja dulu sampai selesai. Nah fungsinga editing atau revising ya untuk memperbaiki semuanya yang keliru, walaupun untuk pemula pasti ada aja kesalahannya.

2. Khaeriyah Mitaful Jannah

Kadang kalau kita nulis tanpa disadari banyak kata yg berbelit-belit atau pengulangan kata, meskipun pake gaya bahasa sendiri nah... Jika sudah begitu, agaimana caranya untuk  menghindari kata yang berbelit-belit?

Jawab:

Nulis itu proses bagaimana caranya untuk bisa selesai baiknya selesaikan dulu tulisannya jangan kefikiran, "Ini kata kok bertele-tele banget." Pas udah selesai nulis kita baca lagi karyanya 3/10 kali untuk melihat kesahan katanya.

3. Rizka Rusdiana

Aku masih kurang paham tentang lead kak. Gimana sih caranya biar bisa bikin lead yg menarik? Kadang tuh pas awal-awal bikin cerita kan aku udah nentuin lead-nya mau gimana, tapi kadang pas mulai jalan nulis tiba-tiba keubah gitu lead-nya meski uda bikin outline, jadi kayak ada pikiran, "masak lead-nya gitu doank sih" berasa kurang gregetlah, berasa pengen diubahlah,, nah itu ngatasinya gimana ya kak,, Makasih.

Jawab:

Berarti yang harus di tekan di sini adalah komitmennya kamu, untuk penulis gak papa di outulen-nya di buat ditulis, kalau mau di tambah atau di kurangi boleh tapi jangan merubah lead yang pertama udah dibuat biasanya kalau lead-nya di rumah alur juga keubah.

4. Nur Halisa

Maaf kak saya mau tanya 😊

Caranya kakak bisa ngumpulin mood untuk ngetik ke stuck cerita itu gimana kak? Kadang ide itu ngalirr aja tapi klo buat ngetik males, nah disitu udah mikir kalo di unpublish mikirnya hal pertama takut ceritanya jelek lah, ini itu lah. Nah kalo dari caranya kakak itu gmna kak?, walaupun saya masih pemula. terimakasih kak😊

Jawab:

Aku punya binder yang biasa aku bawa sekolah aku pisahin beberapa kertas untuk nulis di sana, aku nulis gak langsung ketik melainkan nulis langsung dulu ke kertas kalau udah dekat laptop aku speaknotin deh apa yang udah aku tulis pada waktu senggang kayak jangan nunggu Ada laptop gitu, aku kadang mikir tulisan aku jelek banget ya Allah tapi aku mikir lagi kok aku bisa-bisanya bilang tulisan aku jelek kalau aku sendiri bilang tulisan aku jelek lalu siapa yang mau muji tulisan aku jelek jadi pada waktu itu aku yakinin diri kalau tulisan aku, karya aku itu bagus banget.

5. Rifka Rizkiana

Kak, misal style atau gaya kita dikritik & dibanding-bandingkan sm penulis yang udah the best, apa langkah yang kita ambil?

Jawab:

Setiap orang itu berbeda gaharus sama style atau gaya pun pasti berbeda kalau dia mau banding-bandingin kita positif aja ambil yang baik buang yang buruk anggap aja itu motifasi buat kamu kedepannya ingat juga belum tentu dia bisa kek kamu.

6. Diary

Kalau kita suka buat puisi, apa tidak boleh membaca novel juga? Soalnya saya biasanya baca novel sebagai referensi juga kak.

Jawab:

Baca apa aja juga boleh tapi maksd aku kalau kita buat romance berarti bacaannya bukan harus romance bebas mau baca apa aja tapi kalau baca sesuai sama buku yang kita buat itu akan lebih baik.

7. Intan abellia

Maksudnya lead itu apa? Dan bagaimana caranya untuk melatih diri kita agar menulis sesuai kemampuan sendiri(ga minder sama cerita sendiri).

Jawab:

Lead itu kalau kata jurnalistik teras berita itu pemanis cerita kita loh lead itu saat kita buka buku bacaan kita bab 1 Paragraf 1 nah itu lead.

Nulisnya tiap hari, kalau aku sendiri kalau mau nulis pasti aku siapin reward buat aku sendiri jadi kalau selesai boleh diambil kalau nggak nggak boleh diambil reward nya.

Jangan mikirin orang lain, mulut netizen +62++ rada pedes.

8. Wini Wahdaniah

Kak, gimana caranya agar alur cerita yang kita buat itu mudah di pahami oleh pembaca,dan pesan yang terkandung di dalmya mudah di mengerti maksudnya.

Jawab:

Buat sesederhana mungkin.

9. Lathifah Annur 

Menurut kakak bagaimana jika kita suka semua genre buku? Yang dengan tujuan lainnya yaitu untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide cerita yg menarik. Apakah kita tetap harus fokus pada satu genre?

Jawab:

Untuk kita yang sama-sama pemula baiknya kita fokus dulu sama genre yang mau kita tulis misalnya udah kuat buat gabungin genre why not?

10. Nuroh

Yang dimaksud lead apa ya kak?

Jawab:

Teras berita.

QnA Sesi Kedua

1. Idiyya Farcha

Gimana sih caranya ngebangun jiwa semangat buat nulis meski hati sedang tidak mood.

Jawab:

Biasa hati yang ga mood itu kalau dibawa nulis hasinya warbiazza amajing banget. Coba deh pas ga mood di bawa nulis pasti tenang. Karena bagi aku menulis itu adalah caraku untuk menyapanya, caraku untuk memeluknya dan caraku untuk memilikinya. Eak😂😂

2. Lathifah Annur 

Bagaimana penulisan ku dan mu di awal atau di akhir kalimat? Pada kondisi seperti apa dua kata itu ditulis terpisah dan terhubung?

Jawab:

Contoh

"Bahagiaku itu adalah kamu."
"Ku tak bahagia."
"Darimu aku belajar ikhlas."
Nanti atau besok atau kapan-kapan bisa pc aku minta file cara penulisan yang baik dan benar 🙂

3. Mela

Assalamualaikum kak aku mela, mau nanya misal kita mau nulis sudah ada ide terus mau nulis tapi bingung bagaimana menuliskannya soalnya baru pemula, dan apakah kalau nulis harus sudah tahu akhir ceritanya mau gimana atau tidak? Apa berpengaruh terhadap proses penulisan?

Jawab:

Waalaikumussalam Mela.

Itulah fungsinya kita buat outline sayang, biar nggak lupa-lupa kalau mau lupain mantan gak papa jangan ingat-ingat. Outline kalau gabuat aku gayakin ceritanya bakal selesai sampai ending kalau mau belajar buat outline bisa pc aku ya.

4. Rini Setiani

Kak mau tanya, cara supaya tidak boros kata atau tidak membuat pembaca itu bosen dengan cerita kita gimana?

Jawab:

Buat cetita seberbeda mungkin kalau biasanya dengan cowok yang super goodboy tapi badboy kamu buat yang biasa aja yang penting ceritanya semenarik mungkin bisa juga ngambil dari kisah nyata sendirikan pasti ceritanya beda banget.

5. Zhafiratul Maghfirah

Apa saja tips mudah dalam melancarkan aksi berkarya kita dalam sebuah tulisan,tanpa harus merasa blank di tengah jalan,trimakasih.

Jawab:

Outline-nya beb di perjelas, kalau bisa di print disimpan di sesuatu tempat yang bahkan tiap detik kamu liat sama sering-serinh baca insyaallah gaada tu yang namanya blenk jangan lupa Ber do'a sama allah minta kelancaran.

6. Navi

Untuk penulisan pesan itu pesan dari penulis untuk pembaca apa pesan dari ceritanya yang ditulis ya kak?

Jawab:

Pesan dari ceritanya bro.

7. Siti Mawardah Latifah

Kadang aku gak pede meng-share tulisanku sendiri ke publik. Bagaimana cara mengatasinya?

Jawab:

Kita yakinkan diri kita dulu kalau kita udah yakin insyaallah gaakan ada yang berani ngomong.

8. Novina Widolika

Ka gimana kalo dalam buku ada bahasa yang kasar dan gimana caranya menggunakan bahasa yg lebih efisien?

Jawab:

Jangan dicontoh, bijaklah dalam mencari bacaan.

Penutup

Assalaamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ...

Segala Puji Bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah mengizinkan seminar online kepenulisan bersama Kak Uswatun Khasanah Sabtu, 4 Januari 2020 berjalan dengan lancar tanpa hambatan satu apa pun. Salawat serta salam, mari kita haturkan kepada Nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman Jahiliyah menuju zaman Islamiyah dan membawa kita pada peradaban aksara.

Jadi pesannya, Jangan lupa menulis. Misalnya Ada orang bilang tulisan kamu jelek. Kita ngucap alhamdulillah aja masih ada orang yang perduli. Kalau masih ada yang suka banding-bandingin. Bilang aja iya kamu yang sempurna. Intinya selagi orang itu bukan orang penting dalam hidup kita jangan didengerin. Aku suka banget nganggap yang gituan itu kek sampah.

-Uswatun Khasanah-

Terimakasih kepada Kak Uswatun Khasanah yang sudah membagi ilmunya. Terimakasih juga kepada para admin grup, yang telah menyumbangsihkan ide-idenya, dan mendukung keberlangsungan acara ini. Terimakasih juga kepada seluruh member yang sangat antusias dengan seminar online perdana di GC SJR Community ini.

Saya, Rifka Rizkiana selaku founder sekaligus ketua penyelenggara seminar kepenulisan online bersama Kak Uswatun Khasanah memohon maaf sebesar-besarnya, dalam lubuk hati yang paling dalam atas kekurangan maupun kekhilafan saat membawakan acara.

Semoga ilmu yang kita terima, bisa kita amalkan, bagi, dan dapat dipertanggungjawabkan kelak. Aamiin Allahuma Aamiin ...

Wassalaamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ...

Kudus, 4 Januari 2020

Rifka Rizkiana

Sumber Gambar : Writerpas.com
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar