hQimDs9Vv8MwYJ0SXAYARQrMvIosvgLCnmk1Hi5k

Cari Blog Ini

Tips Mencegah HIV Terbaru 2020 dari Penulis Novel Rifka Rizkiana


HIV yang merupakan kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS. AIDS sendiri, merupakan kepanjangan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang dapat melemahkan sistem imun tubuh kita. Seseorang yang terserang virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik maupun mudah tumor.

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi, bahwa penyebab penyakit HIV Aids terbesar adalah melalui perilaku free sex atau melakukan hubungan seks secara bebas. Selain itu, sering mengonsumsi alkohol maupun obat-obatan tertentu juga menjadi salah satu pemicu virus ini tumbuh.

Meskipun banyak sekali faktor yang mendorong perkembangan virus HIV Aids, bahkan, menjadikan penyakit HIV Aids menjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia, ada beberapa kebiasaan yang sering diabaiakan untuk mencegah penyakit ini. Di antaranya sebagai berikut,

1. Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Banyak yang menyepelekan bahwa mendekatkan diri kepada Tuhan hanyalah sebagai ajaran spiritual belaka. Nyatanya, mendekatkan diri kepada Tuhan mengajarkan kita banyak hal. Bahkan mencakup hal kemanusiaan, dan kesehatan tubuh kita. Saat kita mendekatkan diri kepada Tuhan, jiwa kita akan menjadi tenang dan kita bisa memilah mana yang benar, dan mana yang salah.

Tak ayal juga, kita dapat memahami cara bergaul dan bersosialisasi yang baik, sesuai yang diajarkan agama. Yang dapat mengendalikan nafsu kita untuk melakukan perbuatan yang dilarang agama. Yang juga menjadi salah satu faktor penyebab terbesar munculnya virus HIV Aids.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Benar jika pepatah mengatakan, sehat itu mahal harganya. Tetapi, sangat murah dan mudah harganya untuk menerapkan pola hidup sehat itu sendiri. Bahkan, di dalam ajaran agama sendiri sudah diatur sedemikian rupa pola hidup sehat dari mulai tidur, bangun tidur, makan, minum, sampai tidur lagi.

3. Cek Kesehatan Secara Berkala

Banyak yang menyepelekan mengecek kondisi tubuh kita. Karena, banyak orang yang beranggapan mengecek berkala kondisi kesehatan tubuh kita hanya sia-sia dan membuang waktu. Padahal, hal ini sangatlah penting. Karena, pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik kita waspada sejak dini, ketimbang kita harus menjalani perawatan intensif secara berkala.

4. Hindari Alkohol dan Obat-Obatan Terlarang

Mengonsumsi obat-obatan secara terus-menerus juga menimbulkan efek negatif. Salah satunya, memicu pertumbuhan virus HIV Aids. Memang terkadang kita tidak menyadari efek lain dari obat-obatan yang kita konsumsi. Karena kita meminum obat, untuk membunuh virus penyakit tertentu. Tapi tanpa sadar juga, kita sudah memasukkan berbagai virus tertentu pula ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi obat secara berlebihan.

5. Berkhitan untuk Pria

Khitan atau biasa disebut juga sunat adalah operasi pengangkatan kulit kulup penis, alias preputium. Selain merupakan anjuran dalam agama, menurut CDC (Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Amerika Serikat) ternyata berkhitan untuk pria juga dapat mengurangi risiko seorang pria terkena infeksi virus HIV dan penyakit kelamin lainnya yang dapat ditularkan lewat hubungan seks tanpa kondom.

6. Gali Lebih Dalam Tentang HIV Aids

Langkah selanjutnya untuk mencegah HIV Aids adalah, carilah ilmu sebanyak-banyaknya mengenai penyakit ini. Baik cara penularannya, gejala awal virus itu menyerang tubuh kita, cara mencegahnya, sampai referensi cara efektif membunuh virus mematikan ini.

Karena tanpa kita sadari, semua hal di atas dapat membantu kita untuk mawas diri sedari dini. Selain itu, bukankah membaca-baca literatur tentang HIV Aids dapat menambah wawasan kita tentang dunia kesehatan? Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Sumber Gambar : Liputan6.com
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar