9 Cara Menulis Cerita Komedi Best Seller yang Laris dan Laku Dijual


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu dan jangan lupa baca informasi cara menulis cerita genre lainnya di rizkiana.com! Kali ini kita akan membahas cara menulis cerita komedi best seller yang laris dan laku, cara menulis cerita lucu, cara membuat cerita komedi romantis, cara membuat sketsa komedi, cerita lucu panjang bahasa indonesia, cara membuat naskah komedi, syarat buku komedi best seller, cara membuat novel komedi best seller, cara membuat buku komedi best seller, cara membuat cerita komedi best seller, ide menulis buku komedi, tips menjadi penulis komedi best seller dan yang berhubungan bersama Kak Mahfudh_Dalam Sharing Online Grup MJM_Publisher.

Baca Juga : Contoh Penulisan Dialog Cerita Komedi by MAHFUD ALY

PROFIL MAHFUD ALY

MAHFUD ALY, ia tinggal di Lamongan. Tepatnya Dusun Tinaro Desa Dukuhagung Tikung. Ia adalah penulis sastra sambil lalu. Ia aktif sebagai guru. Selain itu, ia adalah pembina penelitian ilmiah di beberapa sekolah dan lembaga. Ia bertugas sebagai fasilitator jurnalistik dan menulis. Ia editor jurnal ilmiah NAMIRA Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik (2009-2015). Ia juga editor lebih dari 100 judul buku ber-ISBN.

Kesejarahan menulisnya masih cetek. Ia pernah juara nasional Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS) Kemdikbud, dengan karya, “Perempuan dari pelbagai sudut pandang,” atas novel Olenka Budi Darma di Prioritas Bogor tahun 2008. Esainya  berjudul “Harus Bisa: Optimisme sebuah positifisme,” meraih juara dan diundang Presiden Susilo Bambang Yudoyono ke Istana Negara tahun 2009.Tulisannya masuk antologi bersama ‘Facebook,” diterbitkan Leutika Prio (2009). Ia beruntung bisa menjadi juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Media, tahun 2009.

Dalam satu kesempatan, ia diundang menjadi narasumber utama dalam Simposium Pusjakdiknov Balitbang Kemendikbud di Millenium, Jakarta tahun 2009..  Tanpa diduga risetnya menjadi juara Nasional Lomba Inovasi dan Media Membelajaran SMP Mapel Bahasa Inggris (INOBEL) di Jayaraya, Bogor tahun 2009. Sehingga, ia diundang khusus dalam dialog Masa depan Pendidikan Indonesia, oleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Muhammad Nuh, DEA, di kantor Kemendiknas Jalan Sudirman Jakarta Desember tahun 2009. Riset menjadi dunianya. Penelitian tentang pendidikan membawanya menjadi narasumber utama dalam Simposium Pusjakdiknov Balitbang Kemendiknas di Bidakara, Jakarta Tahun 2010. Lalu Denpasar (2011). Ia senang mendengar dan belajar.

Selain mengajar ia adalah pembimbing karya ilmiah di beberapa sekolah SD, SMP, dan SMA. Ia berhasil meloloskan banyak tim ke kompetisi elit kabupaten, provinsi, pun nasional. Ia pembimbing LPIR SMP, LPIR SMA, OPSI SMA, dan beberapa kompetisi yang diadakan oleh kabupaten dan universitas se-Indonesia. Ia juga bagian dari tim majalah sekolah, robotic, juga simematografi. Saat ini ia aktif sebagai guru di SMA 1 Terbaik Simanjaya YPP Al-fattah (Pesantren) sekaligus tim inti program ungulan masa pendemi. Saya Siswa, Saya Pengusaha. Program best practice melatih siswa mencari duit halal sebanyak-banyaknya semenjak dini.

Di sela kesibukan ia belajar menulis cerpen. Salah satu cerpennya, yang berjudul, “Taman Surga,” Juara pertama Lomba Menulis Cerita Pendek (LMCP) tingkat nasional, Kemendiknas tahun 2010. Hal itu pula, ia dianugerahi Guru Berdedikasi Award, oleh Pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2011. Tulisannya puisi, cerpen, kolom ada di beberapa media lokal, memenangi kejuaraan menulis. Ia menulis untuk bersenang-senang. Ia sekarang sibuk bertani dan selalu gagal. Tapi ia tak menyerah.  Ia menghabiskan banyak waktu untuk menulis buku. Ia adalah former editor di Pustaka MediaGuru. Penerbit berskala nasional dengan program Sagusabu, Sasisabu, Samasabu, dan Sasisabu. Intinya sebulan menulis buku. Buku terbarunya berjudul, “Meneliti itu Seksi,” dan buku antologi lainnya. Demi novel “Dendam Kimia,” ia pilih jalur absurd mengambil beasiswa penuh S1 Pendidikan Kimia. Terkadang ia melawak di panggung sebagai komika, stand up comedian.

Kini, ia sibuk mengedit buku, bertani, guru, pegiat organiasi, pegiat komunitas sastra, menjadi ayah dan suami sekaligus banyak kegiatan sosial. Salah satunya adalah ia melakukan banyak pencitraan dengan bicara di banyak seminar offline, webinar, zoom meeting, google meeting dalam banyak bidang utamanya: penelitian, wirausaha, komedi, literasi dan menjadi manusia yang berorientasi selamat dunia akhirat. Para pakar menyebutnya parenting.  Ia adaalahounder/Owner grup Facebook Belajar Menulis Komedi. Ia juga owner WAG Grup Sedekah Diski BMK yang fokus menjembatani antara pemberi sedekah dan penerima sedekah apa saja sebagai usaha sadar untuk menjadi manusia lebih baik, berkolaabarasi dengan banyak tim ahli, serta semangat berlomba-lomba sedekah kebaikan. Sila gabung dengan mencari tahu kepada siapapun yang terkait dan telah bergabung dengan rumah tersebut. Kini mulai fokus ke pelatihan, antologi dan menyusul memfasilitasi buku solo member. Segera beralih ke digital literasi. Mohon doanya.

Sila memberi masukan padanya di surel bidaralamongan@gmail.com. Ia suka menantang guru-guru untuk menulis buku entah solo, duo, atau antologi.  Atau Facebook; Mahfud Aly. Instagram: MahfudAly_id atau kontak WA 085707699769. (tabik).

DONASI DAN TULIS KRITIK SARAN UNTUK RIZKIANA.COM DI SAWERIA.CO/KPOPSQUAD

CARA MENULIS CERITA KOMEDI

1. Komedi itu sama dengan roman, horor, dan genre lainnya, memiliki teknik khusus untuk membuatnya istimewa. Komedi bisa berasal dari mana saja, terutama yang berkaitan dengan hal yang tidak wajar, aneh, atau menyimpang. Komedi memiliki fungsi hiburan untuk manusia. Yang pasti komedi berasal dari peristiwa keseharian yang diulik secara komedi.

2. Komedi adalah gejala yang merangsang pembaca untuk tertawa, atau tersenyum akibat kesadaran di dalam diri, membenarkan, terhadap hasil cipta teks cerita. Komedi adalah proses mengulik ide biasa sehari-hari dengan cara pandang komedi. Cara pandang komedi disebut persona. Persona untuk penulis komedi adalah wajib, begitu juga untuk komika, pelawak, dan pemain seni pertunjukan lainnya.

3. Cerita komedi menempatkan humor sebagai konten utama untuk menghibur dan mengundang perhatian, serta menimbulkan ketertarikan pembaca, dengan adanya reaksi alamiah: tertawa. Oleh karena itu, cerita komedi harus memiliki plot matang dan sengaja dirancang untuk menghibur serta mengundang tawa pembaca dengan melebih-lebihkan situasi, mengekploitasi sebuah hal tabu, bahasa, tindakan, perisitiwa fenomenal, hubungan, dan karakter cerita.

4. Menulis cerita komedi paling mudah adalah penulis mengulik keresahan dirinya sendiri atau kegundahan tokoh cerita dalam bentuk set-up (premis) kemudian ditutup dengan punchline, atau melalui dialog antartokoh dengan konsep titkok. Ada yang mengumpan dan ada yang memakan umpan. Saya tetap menyarankan penulis cerita komedi mengadopsi 3 acts (drama tiga babak) dengan twist ending, dan menetapkan tujuan secara jelas di awal.

5. Empat teknik menulis humor, yakni language (humor yang diciptakan melalui perkataan, cara bicara, makna kata, plesetan, atau narasi cerita), logic (humor yang tercipta dari melogikakan fenomena umum dan mematahkannya), identity (humor yang diciptakan melalui identitas khas karakter, dan action (humor yang diciptakan melalui tindakan fisik atau komunikasi non verbal tokoh: hubungan antartokoh). Komedi lebih disarankan memakna cerita (story) sebagai maximaise to show, and minimize to tell.

6. Elaborasi: Permainan bahasa (language): a. Allusion: menyindir dengan kiasan, b. Bombast: berbicara sesuatu secara berlebihan c. Definition: mendefinisikan sesuatu dengan memplesetkan d. Infatilism: memanipulasi kata, membolak-balik kata e. Irony: menyindir secara halus.

7. Elaborasi: Bermain logika (logic): a. Absurdity: pernyataan atau sikap yang aneh b. Accident: kejadian sepele seolah tanpa disengaja c. Comparisons: Membandingkan dua hal yang kontras d. Disappointment: kecewaan atas harapan e. Repetition: pengulangan dari situasi yang sama. Dalam stand up comedy, disebut call-back f. Variation: menceritakan satu cerita terkenal dengan cara berbeda.

8. Action Humor: a. Chase: mengejar seseorang atau sesuatu, melarikan diri dari hukuman atau sesuatu yang mempermalukannya b. Slapstick: gurauan yang kasar secara fisik c. Speed/Slow: dialog tokoh gagap, budek,  bawel, logat, dan seterusnya.

9. Komedi slaptik lebih mudah ditulis daripada komedi cerdas, tetapi komedi cerdas bertahan lebih lama di ingatan kolektif pembaca. Adopsi teknik menulis komedi yang mudah dilakukan. Rule of three, plesetan, ulik keresahan, atau pilih topik tulisan yang memiliki kadar potensi komedi. Saya pernah menulis tentang kentut, khitan, masa kecil, saat OSPEK, masa SMA, pacar pertama, dan seterusnya. Komedi adalah media curhat terbaik dan elegan, dengan mengidentifikasi curhatan sebagai suara tokoh cerita (titip curhat).

DAFTAR BACAAN

Asyura, M. (2014). Makna dan fungsi humor dalam kumpulan cerita Abu Nawas (Jurnal) Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, Vol 3, No 4, April 2014.

Berger, Arthur Asa. 2012. An Anatomy of Humor. United States of America: Transaction Publishers. Eriyanto. 2011. Analisis Isi. Jakarta : Kencana.

Brone, G. and Kurt F. (2000). The cognitive linguistics of incongruity resolution: Marked reference-point structures in humor (Journal): University of Leuven.

Fern├índez, C. (2014). Mindful storytellers: emerging pragmatics and theory of mind development (Journal). First Language Journal Vol. 33 (1) 20 –46.

Hartono, Lisa Amelia Anggelina. 2014. Teknik Humor dalam Film Warkop DKI. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Martin, A.R. (2007).Phsyicology of humor: an integrative approach. Burlington: Elsevier Academic Press.

Sudarmo, M. D. 2014. Kecerdasan humor (humor quotient). Jakarta: Kombat Publisher.

Suhadi, M. A. 1992. Humor itu serius: pengantar ilmu humor. Jakarta: Grafikatama Jaya.

Suprana, Jaya. 2013. Humorologi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Itulah pembahasan lengkap seputar cara menulis cerita komedi best seller yang laris dan laku. Jika ada tambahan informasi mengenai cara menulis cerita komedi atau ada permintaan pembahasan cara menulis cerita genre lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk pasang iklan, promosi buku, content placement dan lainnya langsung kontak email diatas.

Tertarik pasang iklan di rizkiana.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com