Begini Aturan Menulis Novel yang Baik dan Benar

Aturan menulis novel penting diketahui penulis novel pemula agar tidak salah dalam penulisan novel. Dengan melakukan cara menulis novel yang baik dan benar, tentu hasil penulisan novel berkualitas tinggi. Berikut ini beberapa aturan menulis novel yang bisa diterapkan agar tulisan novel nyaman dan mudah saat dibaca.

Aturan Menulis Novel

1. Ide, Tema, Judul dan Isi Novel Tidak Melanggar Norma atau Hukum yang Berlaku

Aturan dalam menulis novel yang paling penting adalah tidak boleh melanggar norma atau hukum yang berlaku. Ini sangat penting karena Indonesia adalah negara hukum dan negara yang memiliki norma agama dan suku yang berlaku. Salah satu contoh novel yang melanggar norma atau hukum adalah novel yang membahas tentang perselisan antar suku, antar agama dan lain sejenisnya. Jadi, jika memiliki ide bertentangan dengan norma dan hukum yang berlaku sebaiknya skip saja dan cari ide yang lain. Jika masih nekat, sanksi pidana maupun perdata siap menanti.

2. Lakukan Riset yang Mendalam

Masih berhubungan dengan poin pertama diatas, riset yang mendalam penting dilakukan agar bisa mengetahui mana ide novel yang bagus dan mana ide novel yang melanggar norma hukum. Dikutip dari laman web Mustakim, ada beberapa cara riset untuk menulis novel seperti mengumpulkan referensi buku, jurnal online maupun offline, perbanyak diksi, cari genre novel yang populer, analisa judul novel yang menarik dan lakukan pengamatan pada lingkungan. Dengan riset, bisa menyusun kata dengan tepat hingga mendapatkan inspirasi dari pengalaman pribadi.

3. Format Naskah Novel di Microsoft Word Harus Benar

Selanjutnya, pahami aturan format naskah novel di microsoft word. Ukuran kertas naskah novel yang sering digunakan adalah A4. Selanjutnya gunakan margin normal berukuran 2.54 cm pada masing-masing tepinya. Mulai dari tepi kanan, kiri, atas, dan bawah. Untuk nama font naskah novel gunakan Times New Roman dengan ukuran 12 pt. Untuk ukuran spasi pada novel biasanya cukup lebar yaitu 1.8 jadi pembaca dapat dengan nyaman membaca tulisan yang ada pada novel.

4. Format Isi Novel Menggunakan Standar Umum

Jika masih bingung dengan format isi novel, sebaiknya gunakan format isi novel yang digunakan secara umum. Aturan format umum untuk isi novel meliputi halaman judul, kata pengantar, bab pertama novel hingga bab terakhir, dan biodata penulis novel. Meski begitu, aturan format bisa diubah sesaui selera dan kebutuhan penerbit. Aturan di atas bisa jadi acuan awal untuk kamu penulis novel pemula.

5. Siap Revisi Kapanpun dan Dimanapun

Penerbit memiliki standar tinggi dalam menerbitkan sebuah karya novel bahkan kesalahan kecil seperti typo tidak bisa ditolerir. Jadi, pastikan novel yang dibuat benar-benar sempurna meskipun tidak ada yang sempurna di dunia ini. Pastikan memahami EYD dengan baik dan sering membaca ulang karya novel yang sudah dibuat. Dengan begitu akan meminimalisir revisi dan karya novel bisa terbit dengan cepat.

Itulah beberapa aturan menulis novel yang bisa diterapkan agar tulisan novel nyaman dan mudah saat dibaca. Dengan memahami aturan dalam menulis novel diatas, penulis novel pemula bisa membuat karya novel berkualitas tinggi. Tentunya masih banyak hal yang harus dipelajari agar menjadi novelis yang terkenal. Tidak hanya dari karya novel yang berkualitas saja tapi juga ilmu manajemen yang baik juga diperlukan agar bisa memanage semua hal mulai dari menulis novel, revisi, promosi dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!