hQimDs9Vv8MwYJ0SXAYARQrMvIosvgLCnmk1Hi5k

Cari Blog Ini

Apa Itu Tesaurus? Pengertian Tesaurus dan Perbedaan Kamus dan Tesaurus


Halo sobat rizkiana.com semoga sehat selalu ya dan jangan lupa membaca dan menulis! Kali ini kita akan membahas apa itu tesaurus, pengertian tesaurus, perbedaan kamus dan tesaurus lengkap, contoh tesaurus bahasa indonesia. Apa itu tesaurus? Tesaurus adalah Tesaurus adalah sarana untuk mengalihkan ide atau gagasan ke dalam sebuah kata atau sebaliknya. Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu tesaurus dan contoh-contoh tesaurus yuk simak penjelasan dibawah ini.

PENGERTIAN TESAURUS

Kata tesaurus berasal dari kata thesauros, bahasa Yunani yang bermakna khazanah. Kata tersebut kemudian mengalami perkembangan makna, yakni buku yang dijadikan sumber informasi. Tesaurus memuat kata atau sekelompok kata yang saling bertalian. Pada dasarnya tesaurus merupakan sarana mengalihkan ide atau gagasan ke dalam sebuah kata atau sebaliknya.

PERBEDAAN KAMUS DAN TESAURUS

Tesaurus dibedakan dari kamus. Di dalam kamus dapat dicari informasi tentang makna kata, sedangkan di dalam tesaurus dicari kata yang akan digunakan untuk mengungkapkan gagasan pengguna. Kata itu dapat berupa sinonim (kata yang makna-nya mirip atau sama), antonim (kata yang berlawanan maknanya), hiponim (kata yang maknanya lebih sempit), hiperonim (kata yang maknanya lebih umum), atau meronim (kata yang memiliki hubungan bagian).

CONTOH TESAURUS BAHASA INDONESIA

Contoh-contoh tesaurus bahasa indonesia bisa dilihat di Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di laman tesaurus.kemdikbud.go.id

SUMBER : BADAN BAHASA KEMENDIKBUD | https://www.tesaurus.kemdikbud.go.id

Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar