8 Cara Membuat Cerita Misteri Wattpad Banyak Pembaca dari Meiga Lettucia


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu dan jangan lupa baca informasi dan ilmu kepenulisan di rizkiana.com! Kali ini kita akan membahas seputar cara membuat cerita misteri wattpad banyak pembaca dari meiga lettucia. Siapa meiga lettucia? Meiga Lettucia adalah penulis novel Everlasting Brother, Pena Darah, Candy Floss Love dan Sang Penggoda. Meiga Lettucia asal Malang. Meiga Lettucia lahir 26 tahun silam. Selain penulis novel, profesi Meiga Lettucia adalah editor, layouter dan desainer. Berkecimpung di dunia literasi sejak 2013, jumlah novel Meiga Lettucia berjumlah 4 novel. Berminat jalin silaturahmi atau membaca jejak tulisan Meiga Lettucia? Bisa melalui Wattpad Meiga Lettucia, Facebook Meiga Lettucia dan Instagram @meilettucia.

Per tanggal 27 januari 2021, kami mendapatkan kabar Meiga Lettucia telah berpulang ke rahmatullah. Semoga amal ibadah almarhumah diterima di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala dan keluarga yang ditinggalkan hendaknya tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan ini. Amin

BANTU KAMI MENGEMBANGKAN SITUS INI DENGAN CARA DONASI KE LINK : SAWERIA.CO/KPOPSQUAD

5 KARYA MEIGA LETTUCIA


1. Novel Everlasting Brother Karya Meiga Lettucia

2. Novel Pena Darah Karya Meiga Lettucia

3. Novel Candy Floss Love Karya Meiga Lettucia

4. Novel Sang Penggoda Karya Meiga Lettucia

5. Cerita Blood Wedding di Cabaca Karya Meiga Lettucia

8 CARA MENULIS CERITA MISTERI

Meiga Lettucia membagikan Tips Menulis Cerita Misteri sebagai berikut.

1. Perbanyak Bacaan dan Tontonan Subgenre Misteri


Cara Menulis Cerita Misteri yang Pertama adalah perbanyak bacaan dan tontonan subgenre misteri. Harus kita sadari bahwa menulis genre misteri ini memiliki tingkat kesulitan dan membutuhkan kejelian. Apalagi jika ceritamu berhubungan dengan penyelidikan atau pemecahan yang berhubungan dengan data, seperti pada subgenre procedural. Nah, selain membutuhkan riset, kita juga harus memperbanyak bacaan dan tontonan soal subgenre misteri yang akan kita tulis.

Baca Juga : 12 Jenis Sub Genre Cerita Misteri

2. Penggambaran Karakter Tokoh Cerita Misteri yang Kuat


Cara Menulis Cerita Misteri yang Kedua adalah penggambaran karakter tokoh yang kuat. Apa pun sudut pandang yang kita gunakan dalam genre ini, kita membutuhkan tokoh yang bisa menimbulkan rasa penasaran, sekaligus jembatan bagi pembaca untuk menyelesaikan misteri tersebut. Sebagai saran, tak ada salahnya kita mempelajari sedikit atau riset tentang psikologi demi membuat tokoh yang sempurna.

3. Awali Cerita Misteri dengan Pembuka Menegangkan


Cara Menulis Cerita Misteri yang Ketiga adalah mengawali cerita misteri dengan pembuka menegangkan. Apa pun genrenya, nyawa dalam cerita atau bukumu berada pada lima halaman pertama. Untuk cerpen, beberapa paragraf awal juga bisa menentukan, apakah pembaca akan lanjut membaca ceritamu atau tidak. Bisa kita awali dengan pembuka yang menegangkan, yang menjadi kerangka dari kasus atau misteri.

4. Drama dalam Cerita Misteri


Cara Menulis Cerita Misteri yang Keempat adalah drama dalam cerita misteri. Drama juga penting dalam cerita, Kak. Bisa dengan memberikan efek dramatis pada tokoh, orang-orang di sekitar, bisa juga dengan memberi kejutan pembaca, dengan menyisipkan petunjuk yang mengarah pada akar masalah. Penggambaran suasana yang tegang dengan efek waktu sangat diperlukan untuk memberikan kesan dramatis.

5. Menggantungkan Cerita Misteri


Cara Menulis Cerita Misteri yang Kelima adalah menggantungkan cerita misteri. Ini opsional ya? Ending sangat menentukan bagaimana kesan pembaca pada ceritamu. Jika pada sebagian besar cerita ending dituntaskan, kita bisa membuat alternatif lain dengan menciptakan misteri baru. Memang kesannya seperti sengaja menggantung cerita, ya?

6. Sisipkan Ketakutanmu Dalam Cerita Misteri


Cara Menulis Cerita Misteri yang Keenam adalah sisipkan ketakutanmu dalam cerita misteri. Sisipkan hal-hal yang menjadi ketakutanmu dalam cerita. Meiga Lettucia biasa menggunakan cara ini kalau menulis cerita misteri (terutama yang supranatural).

7. Kombinasi Cerita Misteri dengan Genre Lain


Cara Menulis Cerita Misteri yang Ketujuh adalah kombinasi cerita misteri dengan genre lain. Agar tidak terlalu tegang, boleh kita mengombinasikan cerita misteri dengan genre lain. Intinya, jangan takut mengusung tema yang unik, yang masih asing, yang tidak biasa, asalkan masih ada unsur misteri di dalamnya. Tapi jangan lupakan satu hal ini biar ceritamu enggak meluber ke mana-mana. Yups riset, riset, riset.

8. Minta Pendapat Teman Tentang Cerita Misteri


Cara Menulis Cerita Misteri yang Kedelapan adalah minta pendapat teman. Jangan malu meminta pendapat temanmu. Ingat, kamu tidak hanya menulis untuk diri sendiri, tetapi juga untuk para pembaca. Jangan terlalu tertutup dengan kritik dan terbukalah dengan saran.  Biar enggak terlalu khawatir, kamu bisa meminta pendapat dengan teman yang kamu percaya, atau editor yang kamu kenal.

Itulah pembahasan cara membuat cerita misteri wattpad banyak pembaca dari meiga lettucia. Jika ada tambahan informasi mengenai cerita misteri atau ada permintaan pembahasan cara membuat cerita genre lainnya silahkan kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk pasang iklan buku, promosi buku dan sejenisnya bisa langsung menghubungi kami di kpopsquadmedia@gmail.com.

Tertarik Pasang Iklan di Rizkiana.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com