Trik Rahasia Cara Menjual Buku Online Hasil Karya Sendiri

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rizkiana.com semoga sehat selalu ya! Jadi di sini saya akan sharing trik rahasia cara menjual buku online hasil karya sendiri dan trik memasarkan karya. Ini juga bisa digunakan untuk cara menjual buku bekas, cara menjual buku di play store, cara menjual buku di google play dan cara menjual buku di gramedia. Lalu bagaimana sih trik menjual hasil karya kita? Untuk bisa menjual karya kita, tentu harus ada karyanya itu sendiri dong ya. Karya seperti apa yang bisa membuat kita percaya diri untuk menjualnya? Yap, percaya bahwa karya kita itu layak untuk dipasarkan harus tertanam dulu dalam benak kita ya, Gaes.

Banyak banget penulis yang nggak pede bahkan malu untuk menjual karyanya. Mengapa bisa demikian? Bisa jadi dia belum yakin dengan karyanya. Saat kita akan membuat karya, kita bisa memilih tema yang menarik. Ini sangat mendukung rasa percaya kita pada saat akan menjual karya. Tema yang menarik kita lihat dari sudut pandang market kita ya teman-teman. Apa yang target kita sukai, itulah yang bisa kita jadikan ide tema menulis.

“Tapi saya maunya nulis sesuai ide aja sih mbak!”

Ya boleh aja, tapi kira-kira orang lain suka nggak nih?

Karena market kita adalah orang yang akan membeli dan membaca tulisan kita, untuk itulah kita wajib untuk riset apa yg mereka cari, butuhkan, dan suka.

Baca Juga : Tips Menulis Rifka Rizkiana #1 : Cara Membangkitkan Feel Cerita Religi

KATEGORI BUKU LARIS MANIS BANYAK DIMINATI DAN DICARI MARKET


Ada 3 kategori buku yang sampai saat ini banyak diminati dan dicari oleh market.

1. Buku yang Solutif 

Dalam buku yang solutif ini pembaca akan tertarik dengan "how" yang dikupas di dalamnya. Sehingga mampu memberikan penerangan (kaya lampu) untuk pembaca supaya bisa melakukan suatu hal.

2. Buku Inspiratif 

Buku Inspiratif artinya buku ini dapat menginspirasi pembaca untuk bergerak lebih baik. Biasanya buku motivasi, biografi, dan lain-lain.

3. Buku Passionate 

Buku passionate sudah menjadi hobi pada kalangan tertentu, seperti buku novel, teenlit, cerpen dan lainnya.

Jadi kita bisa membuat buku yang bukan hanya sekadar menyalurkan hasrat nulis kita saja, namun ada kebermanfaatan untuk membuat tertarik pembaca. Judul buku, daftar isi dan bahasa penulisan pun wajib kita sesuaikan dengan target kita. Ini unsur intrinsiknya ya. Setelah buku kita jadi. Bersiap-siaplah untuk memasarkannya.

Gaes, tugas memasarkan bukan hanya tanggung jawab penerbit ya, walau mungkin itu penerbit mayor. Kita sebagai penulis pun boleh banget jor-joran promo.Bukan hanya tentang royalti yang mungkin bisa kita peroleh, namun manfaatnya yg bisa kita bisa sebar lebih luas. Semakin banyak buku yang kita jual, semakin banyak manfaatnya dibaca orang lain.

Baca Juga : Tips Menulis Rifka Rizkiana #2 : Cara Membuat Reader Jatuh Cinta Pada Ceritamu

TRIK RAHASIA CARA MENJUAL BUKU ONLINE


1. Mulai Self Editing Naskah

Coba buat awareness pada publik bahwa kita akan launching buku yang sangat bagus.Tiap tahap, kita boleh cerita. Cerita tahapan ya, bukan naskahnya, walau boleh juga nulis naskahnya di medsos, sih. Intinya buat orang di sekitar kita sadar, bahwa akan lahir sebuah buku yang mereka bisa dapat manfaatnya.

2. Buat banner Coming Soon jauh-jauh hari

Langkah ini bisa kita buat supaya calon buku kita terlihat terus di medsos. Semakin mereka penasaran, maka tingkat penjualan akan semakin bagus.Terus buat awareness yang membuat mereka semakin penasaran.

3. Buat Gebrakan Promo Bombastis

Pas hari H nya buku kita launching, gebrak dengan promo bombastis. Boleh buat promo buku kita dengan bonus-bonus yang menarik (boleh sharing dengan penerbit)

4. Buat GA dan Challenge

Buat Give away atau challengesupaya buku kita bisa nongol terus di medsos dengan bantuan dari pihak lain. (Bukan hanya kita sebagai penulisnya)

Jika memungkinkan, bentuk tim penjualan buku kita, ajak teman atau saudara untuk ikut promosi buku kita, berikan fee yang sesuai.

Sumber Materi : Deudeu Desmiati

Pasang Iklan di Website : Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com