Bedah Buku “Dongeng dari Dunia Satwa”

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi bedah buku lainnya di rizkiana.com! Kali ini kita akan bedah buku dongeng dari dunia maya bersama Kak Eko Marini, Kak Fifi Sofia, Kak Edrida Pulungan dan Kak Ahmad Zakaria dalam Sharing Online MJM Publisher.

Baca Juga : Bedah Buku “Satu Langkah Dewasakan Diri”

PROFIL PEMATERI

Eko Marini sebagai ibu bekerja dengan dua anak. Di usianya yang sudah tidak muda lagi mulai menekuni dunia menulis. Setelah belajar menulis melalui 30 lebih buku antologi (cerpen, puisi, dan cerita anak) saat ini telah mempunyai satu novel "Bidadari Bermata Jeli". Dapat dijumpai melalui akun IG @ekomarini82

Edrida Pulungan Lahir di Padang Sidimpuan,  25 April , Alumni S2 Hubungan Internasional Universitas Paramadina dan S2 Sosiologi UI,  Penulis Puisi Pesan Damai bumi yang jadi koleksi Global Peace Library, Paris. Peraih Perempuan Berprestasi di bidang Ekonomi Kreatif oleh DPRD Kota Padang Sidimpuan tahun 2017, Anugerah Melayu Award 2019 dari Pusat Kajian Peradaban Melayu, serta Nominasi 10 Besar Anugerah ASN Kemenpan RB 2020 Kategori Future Leader

Fifi Sofia seorang emak-emak di atas 30 puluh tahun dengan satu anak, dari kota Cimahi. Penggemar senja yang baru mulai menulis secara serius sejak awal tahun 2019. Karyanya sekitar tiga puluh lebih buku antologi, serta dua novel berjudul Love, Almost dan Aku Bukan Lelaki. Karya yang berupa cerita fabel baru ada di dua buku antologi. Harapannya menulis, agar bisa menebar kebaikan dan inspirasi. Bisa dihubungi melalui FB: Fifie Sofia Fikriani

Ahmad Zakaria lahir di Bima, 15 Mei 1981, Sehari-hari sebagai guru agama islam di SD Nusa Indah, lg belajar menulis puisi dan cerpen serta bercita-cita menulis novel, ada buku yg sudah di terbitkan ada 2 antology puisi tunggal yaitu : tangisan sunyai dan sunyi dalam rindu, juga beberapa buku antology puisi bersama, sedangkan cerpen baru satu yaitu kumpulan kisah fabel bersama kawan2 pengiat literasi yang diterbitkan oleh MJM. Menulis untuk keabadian karena umur tidak abadi.

CARA MENULIS BUKU BACAAN ANAK

Proses kreatif menulis bacaan anak memang prosesnya beda-beda, berdasar pengalaman saya, menulis buku anak saya lakukan dengan :

1. Proses mengenang masa kecil dengan cerita-cerita dongeng fabel, dimana setiap anak mendengar tentang fabel dan senang jika ada tokoh baik yang dianggap pahlawan dan ada tokoh jahat yang harus kalah, sehingga dalam menulis kia bisa menghadirkan tokoh itu agar  bisaengajarkann karakter baik.

2. Sering mengamati prilaku anak-anak sehingga bisa masuk ke dunia mereka.

3. Nonton film kartun, film anak Serta seeing baca buku anak dan dongeng.

4. Memasukkan nama anak/keponakan saudara kedalam tulisan dongeng kita  sehingga anak-anak senang membacanya, karena ada nama merek a dalam karya kita.

5. Selalu mencoba hal baru dan menarik dalam tulisan sehingga menghadirkan imajinasi dan keingintahuan anak-anak dalam membaca karya kita 

6. Selalu berpartisipasi dalam kegiatan lomba cerita anak agar tahu kualitas cerita kita dibanding penulis yang yang lain 

7. Berpikir bahwa kita adalah teko yang bisa menuangkan air teh,susu,kopi dll kepada pembaca dengan mengisi kepala kita dengan banyak membaca jenis bacaan anak juga sehingga bisa menuliskan karya terbaik.

8. Mari bersenang-senang dengan karya kita,sesederhana apapun itu.

9. Nikmati prosesnya saat ide macet karena kepercayaan diri dalam menulis adalah ruh dari tulisan itu sendiri.

10. Berniat menulis karya sebagai ibadah dan amal jariyah karena tulisan yang baik mewariskan karakter yang baik pada anak dan generasi masa depan yang membentuk karakter unggul anak-anak.

Demikian rekan penulis semua sedikit banyak proses kreatif berdasar pengalaman saya, mohon maaf jika ada kekurangan, semoga bermanfaat, terimakasih.Wassalamu’alaikum.

Yuk Donasi Seikhlasnya dan Tulis Permintaanmu untuk Kak Rifka Rizkiana : https://saweria.co/kpopsquad

GARIS BESAR ISI BUKU “DONGENG DARI DUNIA SATWA”

Di dalam buku ini, terdapat 17 cerita fabel yang sarat nilai moral bagi anak-anak. Dengan bahasa yang ringan, alur menarik serta rapi, cocok untuk dibacakan bagi anak balita s.d anak kelas dua SD, dan bisa juga dibaca sendiri bagi anak kelas dua SD ke atas.

Seperti yang kita tahu, cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral.

Untuk saya pribadi, fabel adalah hal yang sangat menarik. Kita bisa menyampaikan sisipan pelajaran mengenai nilai moral, bahkan mungkin membentuk akhlak baik bagi anak-anak melalui berbagai karakter hewan. Ide ceritanya pun bisa dari hal simpel.

Dan seperti yang sudah dipaparkan Kak Eko tadi, bermacam-macam tema cerita yang ditulis oleh kontributor, tentunya akan bermacam pesan moralnya bagi ananda tercinta.

BLURB BUKU “DONGENG DARI DUNIA SATWA”

Sekumpulan cerita anak dalam kategori fabel yang unik, lucu, menggemaskan bagi siapapun yang membacanya. Sangat cocok untuk bacaan anak-anak usia dini, maupun dibacakan sebagai peneman santai bersama si kecil. Dengan gaya bahasa yang sederhana namun memikat, serta pesan moral yang terkandung di dalammya, sungguh luar biasa. Bagaimana, bikin penasaran, nggak, akak-akak?

KESIMPULAN

Dari pengertian ini dapat kita pahami bahwa dongeng merupakan cerita fantasi.

Poin pertama bahwa judul sebuah buku sangat menentukan daya tarik dan minat pembaca. Alasan-alasan inilah yang menjadi salah satu kelebihan buku ini.

Poin kedua, dalam satu buku dapat kita jumpai 17 cerita dari 17 penulis. Ini menjadi keunggulan dari buku ini. Pembaca dapat menikmati gaya bahasa yang berbeda sehingga tidak monoton.

Keunggulan selanjutnya dapat dicermati dalam poin-poin ini. Bahwa setiap cerita memiliki keunikan sendiri baik dari segi penokohan maupun amanat yang disampaikan penulis

Bahasa sederhana dan mudah dipahami menjadi kelebihan buku anak. Anak atau pembaca akan mudah memahami isi cerita.

Ini adalah keunggulan buku ini karena menceritakan tokoh binatang sehingga dapat lebih dekat dengan imajinasi anak.

Ini salah satu poin penting dari keunggulan buku ini. Menyajikan amanat pesan moral yang dapat menanamkan sifat dan karakter baik pada anak.

Demikian, tulisan ini dibuat semoga bermanfaat untuk temen-temen pengunjung rizkiana.com. Jangan lupa share ke temenmu ya, ajak juga mereka baca informasi bermanfaat ini.

Tertarik promosi buku dan pasang iklan lainnya di Rizkiana.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com

Follow Instagram Rifka Rizkiana : https://www.instagram.com/rifkarizki12/

Gabung Komunitas Menulis SJR Community : https://www.instagram.com/sjr_community/