11 Cara Mengembalikan Mood dalam Menulis

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi tips dan trik menulis terbaru 2021 lainnya di rizkiana.com! Kali ini kita akan membahas beberapa cara mengembalikan mood dalam menulis bersama Kak Putri Lynelle atau Kak EKA PUTRI RODLIYANI dalam Sharing Kepenulisan Online MJM Publisher. Siapa itu EKA PUTRI RODLIYANI? EKA PUTRI RODLIYANI adalah auhor yang terkenal dalam dunia literasi dengan sebutan Putri Lynelle. Ketertarikan EKA PUTRI RODLIYANI dalam dunia literasi semenjak akhir 2019. EKA PUTRI RODLIYANI aktif menulis di grup-grup menulis melalui platform online, event-event serta menjadi PJ mengelola event. Teman-teman bisa mengikuti EKA PUTRI RODLIYANI melalui media sosial EKA PUTRI RODLIYANI seperti, facebook EKA PUTRI RODLIYANI (PUT LY), wattpad EKA PUTRI RODLIYANI (@princessrody), nomor whatsapp EKA PUTRI RODLIYANI (081235683515). Asal EKA PUTRI RODLIYANI kelahiran tulungagung tepatnya di JL. KH. Abu Mansyur NO. 10, RT/RW : 03/03, Desa Tawangsari, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung, Jawa Timur, Kode Pos 66251. Tanggal lahir EKA PUTRI RODLIYANI 09 oktober 1992. Riwayat pendidikan EKA PUTRI RODLIYANI di universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang angkatan 2010-2014. Gelar sarjana EKA PUTRI RODLIYANI adalah sarjana biologi. Banyak prestasi EKA PUTRI RODLIYANI dari lomba menulis seperti juara 3 event kepenulisan tingkat nasional dengan tema ‘dua dunia; oleh babad bumi publishing, kontributor terpilih pada naskah berjudul 'jomblo di balik akun fake' oleh cleopatra publisher, kontributor terpilih naskah bertema 'srikandi' oleh babad bumi publishing, kontributor terpilih event quotes tema 'kehidupan' oleh biru magenta vi, juara 3 event kepenulisan tema 'cinta beda agama' oleh jejak penulis, moderator komunitas pecinta literasi, kategori 15 naskah terbaik tema 'ramadan' oleh lovrinz publisher, penanggun jawab event cerita pendek di mecca publishing.

Baca Juga : Tips Menulis Rifka Rizkiana #1 : Cara Membangkitkan Feel Cerita Religi

CARA MENGEMBALIKAN MOOD MENULIS

Pasti siapa pun yang hobi menulis pernah mengalami Stuck atau mandek karena mood yang buruk. Nggak apa, wajar kok karena kita manusia biasa. Sesekali okelah, tapi kalau stuck gegara mood jelek bikin berhenti menulis sampai berbulan-bulan ... Nah, ini harus dikoreksi, harus dikembaliin lagi Mood-nya. Betul nggak?

Menulis tergantung Mood itu TOXIC banget kalau ngga diatasi. Bisa-bisa kelamaan bad mood, jadi ngga berkarya sama sekali bahkan mundur dari literasi. Cara mengembalikannya? Kalau pengalaman saya pribadi ada beberapa hal.

1. Tujuan Menulis

Cara mengembalikan mood menulis yang pertama adalah tujuan menulis. INGAT, ALWAYS ... Tujuan Menulis. Bila perlu tulis besar-besar di-BOLD di dinding kamar. Tujuan menulis harus JELAS, yaitu BERKARYA untuk menyebarkan kebaikan melalui asahan pena kita. Bukan cuma iseng.

Lalu boleh nggak memiliki tujuan untuk ROYALTI? Tujuan Royalti boleh aja, tapi jangan jadikan tujuan utama karena bisa Kehilangan Mood ketika mendapat respons sedikit like dari pembaca. Biasanya Penulis Pemula, terburu buru, harus ada royalti dan best seller selama sebulan, misal. So, Tujuan utama kita menyebar kebaikan, entah kapan rejeki pasti akan mengikuti. Nothing To Lose

2. Masuk ke Lingkaran 1 Frekuensi

Cara mengembalikan mood menulis yang kedua adalah masuk ke lingkaran 1 frekuensi. Misal di Sosmed, buat pertemanan dekat dengan orang literasi, sehingga ketika kita lagi bad mood, ada status temen yang sukses bikin buku, bisa memicu adrenalin kita dan bikin Mood Up lagi buat nulis.

3. Cemilan

Cara mengembalikan mood menulis yang ketiga adalah cemilan. Beberapa orang bisa naik Mood-nya dengan cemilan ketika menggali ide, contohnya saya. Semisal Es Krim, Susu, atau apa pun sesuai selera.

4. Pola Makan dan Pola Tidur

Cara mengembalikan mood menulis yang keempat adalah pola makan dan pola tidur. Makan yang cukup. Karena menulis dalam keadaan lapar, bisa bikin perasaan nggak karuan. Tidur cukup, bisa menajamkan konsentrasi. Terutama yang punya baby yaa.

Kalau saya, waktu pagi siang dan sore ngga pegang bulpen, saya ambil waktu 1 Jam tidur siang bareng bayi, lumayan tenaga bisa pulih. Malemnya baru beraksi setelah bayi tidur. Dan itu pun tidur ngga terlalu malam, sekitar jam 21.00 - 23.00 menggali ide. Paginya setelah subuh pegang bulpen lagi. Kurang tidur bisa bikin badan loyo, ngaruh ke perasaan juga ... Bawaannya negatif sehingga ide-ide susah keluar.

5. Jangan Paksa Menulis Ketika Pikiran Kacau

Cara mengembalikan mood menulis yang kelima adalah jangan paksa menulis ketika pikiran kacau. Rehat sejenak. Keluar cari angin dulu. Setelah tenang, baru back to ur papper again.

Baca Juga : Tips Menulis Rifka Rizkiana #2 : Cara Membuat Reader Jatuh Cinta Pada Ceritamu

DONASI UNTUK ILMU : SAWERIA.CO/KPOPSQUAD

6. Membaca Buku Sesuai Genre Tulisan

Cara mengembalikan mood menulis yang keenam adalah membaca buku sesuai genre tulisan. Kalau terbiasa nulis religi, jangan kebanyakan horor ... kurang pas. Nanti ide yang keluar beda sama yang dibaca.

7. Membersihkan Tempat Buat Menulis

Cara mengembalikan mood menulis yang ketujuh adalah membersihkan tempat buat menulis.

8. Menulislah Apa yang Dikuasai

Cara mengembalikan mood menulis yang kedelapan adalah menulislah apa yang dikuasai. Agar nggak terbebani, sehingga mood anjlok.

9. Menulis 100 Kata

Cara mengembalikan mood menulis yang kesembilan adalah menulis 100 kata. Kalau cara-cara di atas sudah dilakukan, tapi tetap belum balik mood-nya. Maka, paksa diri menulis kira kira 100 kata aja, pasti nanti akan bisa lebih panjang untuk melanjutkan. Mood kita naik sendiri.

10. Mengelola Hambatan

Cara mengembalikan mood menulis yang kesepuluh adalah mengelola hambatan. Saya kalau nulis, 'hambatan' nya adalah bayi yang suka ikutan ngetik. Makanya, kebutuhan bayi diselesaikan dulu, termasuk mandi, makan, mainan, dll ... pastikan perutnya kenyang. Dan paling enak pas dia tidur, pas malam.

11. Baca Feedback Positif dari Karya Kita.

Cara mengembalikan mood menulis yang kesebelas adalah baca feedback positif dari karya kita. Misal cerpen kita dikomentari, nah itu bisa jadi semangat untuk melanjutkan. Komentar yang menjatuhkan abaikan saja.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara mengembalikan mood dalam menulis. Bagi kamu yang punya usaha atau produk seperti buku dan lainnya bisa banget lho pasang iklan dan dibuat artikel promosinya di rizkiana.com. Dengan budget 50 ribu saja, artikel promosi tayang selamanya. Demikian, tulisan ini dibuat. Semoga bermanfaat jangan lupa share ke temenmu yang harus baca ini ya, semoga jadi amal jariyah.

Tertarik pasang iklan di rizkiana.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com