Cara Membuat PTK untuk Kenaikan Pangkat

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu kepenulisan dan tips-tips sastra di Rizkiana.com! Kali ini Rizkiana.com akan membahas seputar cara membuat PTK untuk kenaikan pangkat. Apa itu PTK? PTK adalah singkatan dari Penilaian Tindakan Kelas yang menjadi salah satu syarat wajib kenaikan pangkat bagi profesi guru SD, SMP atau pun SMA. Untuk membuat PTK, guru atau tenaga pendidik harus mengetahui susunan PTK dan format PTK untuk kenaikan pangkat. Berikut ini cara membuat PTK untuk kenaikan pangkat dan susunan format PTK sesuai syarat PTK Dapodik.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Online di Suratpad.com

CARA MEMBUAT PTK UNTUK KENAIKAN PANGKAT

1. Bagian Awal PTK

Pada bagian awal PTK ini terdiri dari beberapa halaman PTK seperti judul PTK, pengesahan PTK, kata pengantar PTK dan daftar isi PTK.

a. Judul  PTK : Penulisan judul PTK harus mempertimbangkan faktor singkat, padat dan jelas. Judul PTK juga harus mampu menjadi gambaran besar mengenai problem yang diteliti dan hasil yang diperoleh.

b. Lembar Pengesahan PTK: Bagian ini merupakan lembar persetujuan PTK yang ditandatangani oleh kepala sekolah tempat guru yang membuat PTK mengajar.

c. Kata Pengantar PTK : Seperti contoh PTK untuk kenaikan pangkat, format kata pengantar dalam PTK mirip dengan kata pengantar pada buku. Kata pengantar PTK ini harus menjelaskan alasan dilakukannya PTK dan urgensi lingkungan yang mendorongnya.

d. Daftar Isi PTK : Daftar isi PTK kenaikan pangkat tidak memiliki perbedaan dengan daftar isi jurnal atau buku pada umumnya.

BELI ALAT TULIS DISINI

2. Bagian Isi PTK

Pada bagian isi PTK, format PTK untuk kenaikan pangkat berisi pendahuluan, kajian pustaka dan metode penelitian.

a. Pendahuluan PTK : Bagian pendahuluan PTK harus memuat latar belakang PTK, rumusan masalah PTK, tujuan PTK serta manfaat penelitian PTK.

b. Kajian Pustaka PTK : Bagian kajian pustaka PTK ini berisi kajian penelitian-penelitian sebelumnya yang secara tema, memiliki keselarasan dengan penelitian yang kamu lakukan.

c. Metode Penelitian PTK : Bagian metode penelitian PTK ini menjelaskan bagaimana teknik yang digunakan dalam menyusun PTK untuk kenaikan pangkat tersebut. Penjelasan ini meliputi pengumpulan data hingga metode analisis yang dijalankan.

3. Bagian Pembahasan PTK

Bagian pembahasan PTK harus sinkron dan sesuai dengan bagian pendahuluan PTK yang telah menguraikan permasalahan yang diteliti. Secara ringkas, bagian pembahasan PTK adalah jawaban dan solusi dari masalah yang ada pada bagian pendahuluan PTK. Jika jumlah permasalahan yang menjadi pokok penelitian adalah enam, maka bagian pembahasan juga harus memberikan jawaban dan sub bab sebanyak enam bagian.

Baca Juga : 5 Cara Menjadi Penulis Skenario TV Seperti Divin Nahb Penulis Si Entong Abu Nawas dari Betawi

Dapatkan Informasi Kepenulisan, Ilmu Sastra dan Tips Menulis di HP mu dengan Follow dan Klik Bintang DISINI

4. Bagian Penutup PTK

Bagian penutup PTK berisi kesimpulan PTK dan juga saran PTK.

5. Bagian Daftar Pustaka PTK

Daftar pustaka adalah daftar sumber bacaan yang kamu gunakan untuk menulis PTK kenaikan pangkat secara keseluruhan.

6. Bagian Lampiran PTK

Bagian lampiran PTK adalah bagian terakhir dalam format PTK untuk kenaikan pangkat. Bagian lampiran PTK berisi lampiran-lampiran yang untuk Dinas Kepangkatan seperti:

  • Lampiran Pelaksanaan Pembelajaran.
  • Lampiran Daftar Hadir Peserta Didik.
  • Lampiran Instrumen Observasi Pembelajaran selama PTK.
  • Lampiran Lembar Observasi Pembelajaran Selama PTK.
  • Lampiran Soal Siklus 1 dan Siklus 2.
  • Lampiran Rekap Nilai Siklus 1 dan Siklus 2.
  • Lampiran Hasil Pekerjaan Peserta Didik Siklus 1 dan Siklus 2.
  • Lampiran Surat Izin Penelitian.
  • Lampiran Surat Keterangan Melaksanakan PTK.
  • Lampiran Surat Pernyataan Keaslian.
  • Lampiran Surat Undangan dan Daftar Hadir Seminar PTK.
  • Lampiran Notulensi Seminar PTK.
  • Lampiran Berita Acara PTK.
  • Lampiran Bahan Seminar PTK.

Itulah cara membuat PTK untuk kenaikan pangkat dan susunan format PTK sesuai syarat PTK Dapodik. Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi tips menulis puisi lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com