5 Cara Menjadi Penulis Skenario TV Seperti Divin Nahb Penulis Si Entong Abu Nawas dari Betawi


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu dan jangan lupa baca informasi seputar cara menjadi penulis lainnya di Rizkiana.com! Kali ini kita akan membahas seputar cara menjadi penulis skenario seperti divin nahb penulis si entong abu nawas dari betawi. Siapa Itu Divin Nahb? Dan bagaimana profil Divin Nahb? Divin Nahb adalah ibu satu anak yang mulai terjun ke dunia skenario tahun 2007, saat serial Si Entong Abunawas dari Betawi ditayangkan di TPI (sekarang statiun TV ini berganti nama jadi MNCTV).

Sejak saat itu, Divin Nahb terus menulis skenario untuk layar kaca. Kebanyakan karya Divin Nahb berbentuk serial. Divin Nahb menulis serial dengan penulis lainnya yang tergabung dalam tim bernama Bengkel Sastra Pamulang (2007 - 2012) dan Angtut Ladsi (2013 - 2016) Setelah itu, Divin Nahb gabung dengan beberapa tim penulis lainnya sampai 2020. Beberapa karya Divin Nahb yang sudah tayang ada 43 judul program. Beberapa program, memiliki beberapa judul dengan cerita tersendiri.

BANTU SITUS RIZKIANA.COM MEMBAGIKAN ILMU KEPENULISAN LAINNYA DENGAN CARA DONASI KE LINK : SAWERIA.CO/KPOPSQUAD

KARYA SERIAL SKENARIO DIVIN NAHB


Berikut adalah beberapa karya Divin Nahb bersama tim (penulis lain):

1. Si Entong Abunawas dari Betawi (2007-2008, TPI)

2. Wara Wiri Ramadhan (2009-2010, Trans 7)

3. Si Mamat Anak Pasar Jangkrik (2009-2010, TPU)

4. Si Kriwil (2011, RCTI)

5. Oh, Ternyata (2012, Trans TV)

6. Heart 2 Series (2013, SCTV)

7. Bidadari-Bidadari Surga (2013, SCTV)

8. Putri Pete (2014, MNCTV)

9. Operation Wedding Series (2015, SCTV)

10. Candra Kirana (2016, SCTV)

11. Nacita (2016, MNCTV)

12. FTV (RCTI, SCTV, ANTV, dll)

KARYA TULIS DIVIN NAHB

Untuk karya tulis Divin Nahb, beberapa karya Divin Nahb masuk ke dalam buku antologi puisi, cerpen, novelet dan non fiksi. Dan satu buku solo Divin Nahb yang sangat dia nanti, akhirnya terwujud di tahun 2019 yaitu Ayo, Berkhayal! cara gampang bikin skenario (Najmu Books)

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Menjual Buku Online Hasil Karya Sendiri

CARA MENJADI PENULIS SKENARIO TV

Mungkin banyak dari teman-teman yang ingin tahu, sebenarnya kayak apa sih persiapan menjadi penulis skenario? Betul kan. Tapi diskusi ini, kita kerucutkan menjadi penulis skenario tv. Kenapa? Karena aku berangkat dari dunia itu, kecebur di dunia itu, tenggelam dan menikmati dunia itu. Asyiiiik. Ada setidaknya 5 poin yang harus teman-teman siapkan saat ingin menjadi penulis skenario:

1. Bisa Menulis dengan Bahasa Gambar


Teman-teman tahu kan tayangan film di TV. Visualnya. Atau biasa aku sebut sebagai bahasa gambar. Kenapa? Karena tidak semua orang bisa menulis dengan bahasa gambar, kalau dia tidak mau belajar. Bahasa gambar ibarat kamera berjalan, lalu kita mendeskripsikan tentang adegan, setting waktu dan tempat. Berbeda dengan bahasa tulisan yang membutuhkan kecantikan sebuah kalimat. Tapi ketika dijadikan visual, sulit bahkan enggak bisa. Nah, bahasa gambar, sangat penting dimiliki seseorang yang mau terjun menjadi penulis skenario.

2. Berimajinasi Tinggi Tapi Perhitungkan Kemampuan Eksekusi


Iyeees, imajinasi jangan dibendung. Biarkan dia ke luar dari kepala kita. Dia mau salto, kayang, terbang, tidak masalah. Lanjutkan! Tapi ingat, ketika kita mau jadi penulis skenario, kita harus mau memperhitungkan kemampuan eksekusi.

Ah, ribet amat! Kayak gitu sih enggak bisa nulis adegan di pegunungan, tebing, dasar laut, bahkan di bulan. Sebenarnya bisa aja, sih. Tapi lagi-lagi bagaimana dengan eksekusi lapangan? Apalagi ini kita bicara tayangan televisi. Penulis itu harus mau memikirkan bugdet. Enggak perlu secara detail, cuma kita mau berbesar hati untuk memikirkan adegan yang lebih muda dieksekusi. Ini malah jadi tantangan, lho. Gimana otak kita berpikir menulis adegan bagus dan dramatis tanpa perlu keekstriman. Nah, pertanyaannya, berani nerima tantangan itu?

Baca Juga : Teknik dan Trik Copywriting Covert Selling untuk Closing Penjualan Buku

3. Memiliki Mental untuk Merevisi Naskah


Kalau penulis enggak mau revisi naskah, Waaah Gimana ya? Karena revisi naskah itu tujuan awalnya untuk nantinya membuat tayangan menjadi bagus. Walaupun jujur terkadang revisi naskah bisa mengubah 90% isi cerita. Tapi kalau kita belum punya power, lakukan saja. Kecuali kita berdiri sebagai produser.

Apa enggak boleh protes? Boleh, kok. Tapi ingat, seberapa berpengaruhnya kita pada tayangan itu. Jangan sampai, gara-gara kita ogah merevisi, nama kita dianggap sebagai penulis yang enggak mau bekerja sama. Jangan sampai, ya.

4. Mau Mengenyampingkan Idealisme Selama Hal Itu Tidak Melanggar Prinsip


Ada yang pernah melihat tayangan TV kesal? Kalau ada, sama! Nah, begitu teman-teman nanti terjun jadi penulis skenario, pasti akan pernah merasa kesal juga. Kok tulisan gue jadi diginiin, sih? Harusnya begini, sesuai sama mau gue.

No! Tolong jangan berpikir kayak begitu. Kita harus bisa tenang saat menulis skenario. Idealisme kita tentang suatu hal bisa dikompromikan ke hati dan pikiran kita, selama itu tidak melanggar prinsip. Contohnya apa? Kalau aku punya prinsip, enggak mau nulis adegan ena-ena. Mau itu cuma sebatas suara doang. No!

5. Membiasakan Diri untuk Menyukai Semua Genre Film


Yang mau jadi penulis skenario, tonton banyak film lepas dan serial, ya. Jangan pilih-pilih genre, lahap semua. Dan pelajari bagaimana alur film itu.

Setelah membaca tips dari Kak Divin di atas, siapkah kamu menjadi penulis skenario? Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi cara menjadi penulis lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com