5 Cara Menulis Novel Sejarah Pribadi dari Awal untuk Pemula

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu kepenulisan dan tips-tips sastra di Rizkiana.com! Kali ini Rizkiana.com akan membahas seputar cara menulis novel sejarah pribadi dari awal untuk pemula. Bagaimana caranya? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak cara menulis novel sejarah pribadi dari awal untuk pemula dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menulis Kalimat Efektif dalam Novel: Pengertian, Syarat, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Efektif

MENULIS NOVEL SEJARAH PRIBADI

1. Buat Kerangka Novel Sejarah Pribadi

Cara menulis novel sejarah pribadi yang pertama adalah membuat kerangka novel sejarah pribadi. Kerangka novel sejarah pribadi berfungsi untuk memberikan arahan atau gambaran pada novel. Berikut ini cara membuat kerangka novel sejarah pribadi.

a. Pengenalan Orientasi Cerita Novel Sejarah Pribadi

Maksud pengenalan orientasi cerita novel sejarah pribadi adalah penulis harus mengenalkan latar belakang cerita novel sejarah pribadi, memberi tahu kepada pembaca tentang tokoh-tokoh atau karakter cerita novel sejarah pribadi yang diciptakan, menyusun adegan novel sejarah pribadi, dan menjelaskan hubungan antar tokoh novel sejarah pribadi.

b. Mengungkapkan Peristiwa Novel Sejarah Pribadi yang Terjadi

Peristiwa novel sejarah pribadi meliputi masalah pertentangan, perbedaan pendapat, argumentasi yang bertolak belakang, suka dan tidak suka-nya antar karakter, intinya harus dicatat dulu.

BELI ALAT TULIS DISINI

c. Buat Konflik Novel Sejarah Pribadi

Setelah menemukan masalah novel sejarah pribadi, selanjutnya eksekusi dengan konflik novel sejarah pribadi yang penuh ketegangan dan kehebohan, sehingga pembaca dapat menyukai konflik cerita.

d. Buat Komplikasi Cerita Novel Sejarah Pribadi

Komplikasi cerita novel sejarah pribadi adalah bagian klimaks karena bagian cerita novel sejarah pribadi yang paling mendebarkan. Melalui komplikasi cerita inilah dibentuk semacam perubahan tokoh. Misalnya, tokoh berhasil mencari solusi terhadap masalahnya atau tidak.

e. Selesaikan Resolusi Novel Sejarah Pribadi

Resolusi novel sejarah pribadi berisi penjelasan maupun penilaian yang berhubungan dengan sikap para tokoh novel sejarah pribadi. Pada bagian ini juga harus dijelaskan akhir atau ending yang dialami oleh tokoh utama.

f. Tentukan Koda Novel Sejarah Pribadi

Koda novel sejarah pribadi adalah bagian komentar pada keseluruhan isi cerita novel sejarah pribadi. koda berfungsi sebagai penutup. Komentar yang dimaksud pada koda biasanya disampaikan langsung oleh penulis atua pengarang dengan mewakilkan komentar pada karakter.

2. Tentukan Tema Novel Sejarah Pribadi

Cara menulis novel sejarah pribadi yang kedua adalah menentukan tema novel sejarah pribadi. Tema novel sejarah pribadi bisa tema persahabatan yang diambil dari sejarah pribadi saat bersahabat dengan seseorang. Atau boleh juga mengambil tema keluarga.

Baca Juga : 9 Cara Menulis Cerita Komedi Best Seller yang Laris dan Laku Dijual

Dapatkan Informasi Kepenulisan, Ilmu Sastra dan Tips Menulis di HP mu dengan Follow dan Klik Bintang DISINI

3. Buat Karakter Novel Sejarah Pribadi

Cara menulis novel sejarah pribadi yang ketiga adalah membuat karakter novel. Buat minimal empat karakter novel yaitu tokoh utama, tokoh antagonis, tokoh protagonis dan tokoh pembantu. Beri nama karakter yang unik atau menggunakan nama samaran. Biasanya saat menulis novel sejarah yang diambil dari pengalaman sendiri, nama-nama asli tidak dicantumkan.

4. Pahami Target Pembaca Novel Sejarah Pribadi

Cara menulis novel sejarah pribadi yang keempat adalah pahami target pembaca novel sejarah pribadi. Mengetahui target pembaca novel sejarah pribadi sangat penting jika novel ingin diperjualbelikan. Misalnya jika tema novel sejarah pribadi adalah persahabatan sebaiknya ditujukan ke teman-teman sebaya. Sedangkan jika tema novel sejarah pribadi adalah keluarga bisa menjangkau lebih luas audiensnya.

5. Menulis dengan Kejujuran

Cara menulis novel sejarah pribadi yang kelima adalah menulis dengan kejujuran. Jenis novel sejarah pribadi bukan fiksi. Bukan hasil dari karangan tapi hasil dari pengalaman hidup sendiri.

Itulah cara menulis novel sejarah pribadi. Agar novel sejarah pribadi semakin bagus, pastikan cari data-data penting tentang diri sendiri, lakukan wawancara ke orang-orang terdekat, kaji data yang dikumpulkan, mulai menulis dan edit. Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi tips menulis puisi lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com