Jenis Artikel Berdasarkan Sudut Pandang Penulis

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Rifka Rizkiana semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu kepenulisan dan tips-tips sastra di Rizkiana.com! Kali ini Rizkiana.com akan membahas seputar jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis. Apa saja? Jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis terdiri dari artikel eksploratif, artikel eksplanatif, artikel deskriptif, artikel prediktif dan artikel preskriptif. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan lengkap jenis-jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis dibawah ini.

Baca Juga : Macam Macam Dialog Tag untuk Menulis Cerita

BELI ALAT TULIS DISINI

Jenis-Jenis Artikel Berdasarkan Sudut Pandang Penulis

1. Artikel Eksploratif

Jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis yang pertama adalah artikel eksploratif. Apa itu artikel eksploratif? Artikel eksploratif adalah artikel yang mengeksplor atau menyatakan fakta-fakta berdasarkan hasil penelitian dari penulisnya. Jenis artikel ini sangat cocok untuk mengungkapkan penemuan-penemuan yang baru. Contoh artikel eksploratif, si X menemukan barang antik atau fosil dari peninggalan zaman purba.

2. Artikel Eksplanatif

Jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis yang kedua adalah artikel eksplanatif. Apa itu artikel eksplanatif? Artikel eksplanatif adalah artikel yang menerangkan atau isinya menjelaskan sesuatu agar mudah dipahami oleh pembaca. Contoh artikel eksplanatif, ada kata "anjay" yang menyebabkan berbagai reaksi ataupun tanggapan dari netizen. Maka Penulis artikel akan membuat artikel untuk menerangkan hal-hal terkait kata anjay dari makna, awal mula dan Sampai jadi perdebatan.

3. Artikel Deskriptif

Jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis yang ketiga adalah artikel deskriptif. Apa itu artikel deskriptif? Artikel deskriptif adalah artikel yang menggambarkan suatu kejadian atau masalah yang ada di masyarakat sehingga para pembaca bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Contoh artikel deskriptif, saat mahasiswa demo lalu terjadi bentrok antara mahasiswa dan aparat keamanan. Maka penulis artikel yang mungkin ada di sana menyaksikan kejadiannya bisa menceritakan ke dalam bentuk artikel. Di dalam artikel akan menggambarkan fakta yang ada di lapangan disertai dengan sudut pandang dari penulisnya.

Baca Juga : 12 Jenis Sub Genre Cerita Misteri

Dapatkan Informasi Kepenulisan, Ilmu Sastra dan Tips Menulis di HP mu dengan Follow dan Klik Bintang DISINI

4. Artikel Prediktif

Jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis yang keempat adalah artikel prediktif. Apa itu artikel prediktif? Artikel prediktif adalah artikel yang berisi prediksi atau ramalan yang memperhitungkan apa yang akan terjadi suatu saat nanti. Contoh artikel prediktif, ketika para petani gagal panen cabe. Maka penulis akan memprediksikan kelak atau beberapa hari lagi para pedagang akan memutuskan untuk menaikkan harganya.

5. Artikel Preskriptif

Jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis yang kelima adalah artikel preskriptif. Apa itu artikel preskriptif? Artikel preskriptif adalah artikel yang memberikan edukasi atau tuntunan untuk para pembaca dalam melakukan sesuatu agar tidak mengalami kesalahan atau kekeliruan dalam prosesnya. Contoh artikel preskriptif adalah artikel tentang bagaimana caranya mendaftar kartu sim. Maka artikel akan berisi Penjelasan mendetail dan pembaca akan merasa diberi arahan saat membaca.

Itulah jenis artikel berdasarkan sudut pandang penulis. Jenis-jenis teks artikel terdapat di materi Teks Artikel Mapel B.Indonesia Kelas 12 Kode Soal 1 dan Kode Katagorisasi 12.1. Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu yang wajib mendapatkan ilmunya. Jika ada pertanyaan mengenai informasi tips menulis puisi lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan Rizkiana.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di rizkiana.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com